Logo Eventkampus

Ini Dia Penyebab Terjadinya Air Laut Asin. Simak jawabanya!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ini Dia Penyebab Terjadinya Air Laut Asin. Simak jawabanya!

Pasti buat yang hobi travelling ataupun bukan pasti sudah pernah ke Pantai. Dimanapun itu,kapanpun itu. Dan Kalau sudah di Pantai kurang Rasanya kalau ngga berenang. Pasti saat kalian renang. Pasti kalian ngerasain Rasa Asin yang ada di air Laut.

Dan pasti kalian bertanya-tanya penyebab dari asin-nya air laut itu.

Simak yuk Ulasanya!

Air laut adalah air dari laut atau samudera. Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).

Air laut berasal dari air hujan yang turun yang mengalir melalui sungai-sungai dan pada akhirnya bermuara di laut, setelah itu akan mengalami menguap menjadi awan dan turun kembali menjadi hujan.

Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir melalui sungai-sungai membawa garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natrium dan lain-lain.

Kita mengetahui laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar , pada saat air laut menguap yang menguap hanyalah H2O (air ) sedang garam garam mineral tetap tinggal bersama air laut , begitulah sehinggga air laut rasanya asin .

Kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin.

Tingkat keasinan air laut di setiap bagian dunia berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh keadaan suhu yang berbeda-beda. Sebagai contoh Yang paling tawar adalah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai..

Kadar garam Laut Mati sekitar 30% lebih tinggi dibandingkan air laut pada umumnya sehingga airnya pun 9 kali lebih asin dibandingkan air laut biasa. Ngga kebayang ya betapa asinnya air lautnya.

Itu tadi guys fakta yang membuat air laut asin.

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
Ini Dia 5 Manfaat Yang Menakjubkan Mandi Sebelum Subuh
23 Januari 2018
Berikut Manfaat Air Putih Yang Sangat Mengejutkan..!
24 Januari 2018
Wajib Baca Artikel ini. Sabit di Kuku Jari Menandakan Kesehatan Anda
26 Januari 2018

Komentar