Logo Eventkampus

5 Manfaat Lari Sprint Bagi Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Manfaat Lari Sprint Bagi Tubuh

Lari sprint juga disebut sebagai lari cepat merupakan semua jenis perlombaan lari dimana lari dengan menggunakan kecepatan maksimal pada jarak yang telah ditentukan. Jarak pada lari sprint atau lari cepat ini biasanya sampai pada jarak 400 meter. Namun ada beberapa lari sprint yang menggunakan jarak 100 meter, 200 meter, 300 meter dan 400 meter. Salah satu jenis lari sprint adalah lari jarak pendek atau yang biasa disebut sebagai sprint race. Perlombaan lari jarak pendek ini sudah dilakukan sejak dahulu waktu olimpiade kuno yang diselenggarakan pertama kali di yunani.

Olahraga memang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan tidak terkecuali dengan lari sprint. Lari sprint dengan jogging atau lari biasanya tidaklah sama karena lari sprint adalah cara berlari yang dilakukan secepat mungkin sebisa anda. Dalam lari sprint yang ada hanya berlari tanpa ada teknik lainnya. ada beberapa alasan mengapa lari sprint baik untuk kesehatan tubuh anda:

1. Meningkatkan pertumbuhan

Dengan melakukan lari sprint atau lari cepat dapat membantu peningkatan hormone pertumbuhan yang dilakukan oleh kelenjar hipofisis dalam tubuh secara sementara. Meskipun sementara namun jika dilakukan secara rutin dapat membantu mengoptimalka pertumbuhan tulang lebih baik.

2. Menguatkan tulang

Lari sprint merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat tulang menjadi kuat dan tidak stress. Oleh karena itu biasanya para atlet lari sprint memiliki tulang yang sangat kuat.

3. Membakar lemak

Jika anda ingin membakar lemak lebih banyak maka bisa menggunakan latihan sprint ini. lari sprint lebih efektif dalam membakar lemak dari pada dengan melakukan jogging atau lari pelan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan lari sprint selama satu jam dapat membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan melakukan jogging selama sehari. Hasil ini sudah terbukti dengan melakukan lari sprint secara rutin setiap harinya dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 kilo.

4. Membentuk otot

Lari sprint merupakan salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan bagi anda yang ingin membentuk otot dan sangat peduli dengan otot anda. Dengan melakukan lari sprint akan membuat massa otot menjadi lebih ideal. Namun jika anda mengombinasikannya dengan renang, aerobic dan olahraga lainnya hasilnya akan lebih optimal dalam membentuk otot.

5. Meningkatkan kecepatan gerak

Bagi para atlet yang membutuhkan kecepatan dalam gerakannya seperti para atlet sepak bola maka latihan lari sprint merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan melakukan latihan lari sprint ini para pemain sepak bola dapat meningkatkan kemampuannya untuk tetap berlari cepat namun tetap fokus pada bola yang digiringnya. Jadi bagi anda yang ingin menjadi pemain sepak bola professional jangan lupa untuk melakukan latihan lari sprint mulai sejak dini ya.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

Manfaat Memiliki Banyak Teman
31 Juli 2018
Kandungan Gizi Buah dan Sayur Berdasarkan Warna
02 Agustus 2018
Cara Merawat Ikan pada Akuarium Agar tidak Gampang Mati
08 Agustus 2018
Keunggulan Global Sevilla School Puri Indah
09 Agustus 2018
Bikin Haru, Sejarah Tragis Dibalik 4 Lomba di Hari Kemerdekaan Indonesia 
13 Agustus 2018
Olimpiade Ekonomi SMA Tingkat Nasional Alcofe 12
14 Agustus 2018

Komentar