Logo Eventkampus

Kalian Insomnia ? Ikuti Tips Berikut Agar Hilang !

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kalian Insomnia ? Ikuti Tips Berikut Agar Hilang !

Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. 
 

Apa itu Insomnia?

Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memilik siklus tidur yang tidak beraturan. Karena insomnia ini lah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Penyebab Insomnia

Ada beberapa faktor penyebab insomnia, antara lain seperti stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan. lalu apakah cara mengatasi susah tidur ini sulit?. Nyatanya tidak, bahkan sangatlah mudah untuk mengatasi insomnia asalkan dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Mudah dan Efektif

1. Mengonsumsi obat tidur

Cara paling sederhana tentu dengan mengonsumsi obat tidur, namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena tentunya obat-obatan kimia bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika di konsumsi untuk jangka panjang.

2. Jangan makan sebelum tidur

Makan merupakan hal sepele, tetapi saya sarankan Anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Sebab ketika makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

3. Hindari konsumsi kafein

Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia sulit tidur yang terakhir ini saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

 

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

Ini Loh 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag
15 Agustus 2018
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online
20 Agustus 2018
Hasil Bulu Tangkis AG 2018: Indonesia vs Cina Skor 1-3, Gagal Emas
23 Agustus 2018
KKN Undip Support Warga Pagertoyo Bebas ODF
27 Agustus 2018
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini
28 Agustus 2018
Pramudita cs Rebut Emas ke-27 Indonesia di Asian Games
29 Agustus 2018

Komentar