PENTING!!! PERSIAPAN AWAL SEBELUM MENDAKI

access_time | label Berita
PENTING!!!  PERSIAPAN AWAL SEBELUM MENDAKI

PERSIAPAN AWAL SEBELUM MENDAKI

Mendaki gunung sama halnya seperti kegiatan petualangan lainnya, merupakan sebuah aktivitas olahraga yang berat. Merupakan kegiatan yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Mendaki gunung dilakukan di alam terbuka liar, yang sesungguhnya bukanlah habitat manusia.

HAL-HAL YANG HARUS DISIAPKAN ANATARA LAIN;

1.lakukan persiapan fisik

            Naik gunung membutuhkan fisik yang prima. Ini karena tubuh bisa membakar energi yang bukan main besarnya selama mendaki kurang lebih 8 jam di area ekstrim. Selain itu, olahraga ini juga menyimpan berbagai risiko kesehatan yang wajib Anda waspadai — mulai dari hipotermia, mountain sickness, hingga edema paru.

Semua risiko ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pendaki ulung maupun pemula, karena ketika Anda naik ke ketinggian lebih dari 2 ribu meter di atas permukaan laut, tubuh Anda harus cepat menyesuaikan diri dengan jumlah oksigen yang makin menipis.

Untuk menjamin kebugaran fisik Anda menjelang hari naik gunung, Anda perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung Anda untuk dapat melewati jalur dakian. Olahraga juga dapat membantu Anda untuk menguatkan punggung dan bahu untuk membawa tas ransel gunung yang berat totalnya bisa mencapai 18 kilogram.

2.cek lokasi dan cuaca

            Penting untuk mengetahui cuaca seperti apa yang diharapkan di lokasi hiking sehingga Anda dapat mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. Sebelum naik gunung, cek kabar cuaca di internet atau tanyakan dengan petugas pengawas di lokasi tentang cuaca hari itu. Jika diperkirakan akan ada kabut tebal, hujan besar (terutama badai petir), apalagi siaga merapi, jangan kekeuh memaksakan naik gunung dan datang kembali lain waktu

3.persiapkan makanan yang cukup

            Jika Anda akan naik gunung dengan rute yang cukup melelahkan, sarapan bubur ayam saja tentu tidak akan cukup untuk memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk mendaki nanti. Apa yang Anda makan dan minum sehari atau 2 hari sebelum pendakian bisa menjadi perbedaan tipis antara kesuksesan dan kegagalan. Asupan makanan sangat berperan besar untuk menyediakan energi yang Anda butuhkan selama mendaki, juga sekaligus mencegah kemungkinan cedera.

Ahli diet terdaftar Kate Scarlata, dilansir dari Boston Magazine mengatakan makanan persiapan naik gunung yang ideal seharusnya mengandung tinggi karbohidrat dan protein. Misalnya bubur dengan campuran greek yogurt atau topping telur rebus, atau seporsi nasi putih hangat dengan lauk daging pilihan Anda serta sayuran. Ini adalah pilihan sarapan yang cerdas sebelum mendaki gunung.

Jika Anda masih lapar, lipat gandakan porsinya (dari jenis makanan yang sama dengan yang Anda makan tadi). Camilan pisang atau jeruk sebelum dan selama mendaki juga sangat disarankan supaya menggantikan kadar kalium yang hilang saat Anda berkeringat.

Minumlah minimal 2 liter cairan (air, jus, susu, minuman olahraga) sehari sebelum pendakian Anda. Minum 1 liter air putih atau minuman olahraga sebelum mulai mendaki. Mulailah minum segera setelah Anda bangun dari tidur anda

4.barag yang harus dibawa

  • Peta dan kompas atau GPS
  • Kotak P3K
  • Filter air
  • Tabir surya dan lotion anti serangga
  • Pisau serbaguna
  • Kabel nilon
  • Senter (senter genggam atau senter kepala) plus batere cadangan
  • Kacamata hitam
  • Korek api/pemantik api
  • Cadangan makanan — Terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam per hari pendakian; camilan di sela-sela mendaki; cadangan air, dan peralatan masak serta perlengkapan makan (piring, mangkuk, gelas, sendok) jika hiking selama lebih dari 1 hari
  • Pakaian cadangan — Terdiri dari lapisan dasar (atas dan bawah), lapisan tengah (isolasi hangat), dan lapisan luar (jaket/padding mendaki); jas hujan; Kaus kaki ekstra; Topi dan sarung tangan; handuk kecil; Hindari pakaian yang berbahan kapas, karena memerangkap keringat tetap dekat dengan kulit Anda
  • Tempat berlindung (tenda/kantung tidur) — Jika hiking lebih dari satu hari
  • Alas kaki yang tepat untuk mendaki — Untuk pendakian singkat, sandal gunung atau sepatu olahraga biasa sah-sah saja digunakan. Tapi untuk pendakian jarak jauh yang lebih lama, direkomendasikan untuk memakai sepatu boots khusus mendaki yang menawarkan lebih banyak dukungan.
  • Identitas diri; salinan itinerari perjalanan; uang tunai secukupnya
  • Ponsel atau radio 2 arah

 

 

 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Share

Komentar