Logo Eventkampus

FAKTA GUNUNG SEMERU

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
FAKTA GUNUNG SEMERU

 

>Semeru dikenal sebagai gunung yang mematikan

Saat lakukan pendakian Semeru, para pendaki dilarang untuk mendekati kawah Jonggring Saloka karena kawah Semeru mengeluarkan gas beracun. Gas beracun tersebut mengandung sulfur dioksida (S2), karbondioksida (Co2), dan hidrogen sulfida (H2S).

Salah satu korban ganasnya Gunung Semeru adalah Soe Hok Gie. Aktivis asal UI dan temannya Idhan Lubis kehilangan nyawanya setelah menghirup gas beracun yang keluar dari kawah Jonggring Saloko.

>Suhu di Puncak Mahameru berkisar 4 -1 0 derajat Celsius

Suhu dipuncak Mahameru berkisar 4 – 10 derajat Celsius. Bahkan, pada musim kemarau, suhu udara Gunung Semeru bisa mencapai minus 0 derajat Celsius dan dijumpai kristal-kristal es.

>Sebelum kasus pemetikan bunga verbena viral di sosial media, banyak pendaki Gunung Semeru yang mengira bunga Verbena adalah Lavender

Bunga yang dikira lavender oleh banyak pendaki bernama verbena brasiliensis. Bunga ini diduga masuk ke kawasan TNBTS pada masa kolonialisme

Hal ini berdasarkan buku Flora Pegunungan Jawa karya Van Steenis. Didalam buku tersebut diceritakan jika pada masa kolonial daerah Nongkojajar di Pasuruan menjadi loji (kompleks perumahan Belanda) dan di sana hidup seorang ahli botani yang gemar mendatangkan jenis-jenis tumbuhan dari luar negeri, termasuk Verbena brasiliensis. Tanaman diduga masuk ke TNBTS akibat intervensi manusia masa itu.

>Film 5 cm yang mengangkat keindahan Gunung Semeru termasuk dalam jajaran film terlaris Indonesia

Total 2.402.170 penonton menyaksikan keindahan Gunung Semeru dari layar bioskop. Padang savana Oro-Oro Ombo yang terlihat indah saat dilihat dari angle atas, Danau Ranu Kumbolo yang menyegarkan, dan puncak Mahameru mampu memikat hati para penonton.

>Tahun berganti, pendakian Semeru kini makin instant dan mudah sekali dilakukan

Tak perlu ribet membawa banyak makanan. Di atas gunung pun sudah bisa ditemui penjaja makanan dan camilan. Tak perlu banyak membawa bekal air dan makanan karena semua kebutuhan pendaki sudah bisa terpenuhi dengan adanya penjual.

>Gunung Semeru keluarkan aturan baru, kalian harus tahu

Per 1 Oktober 2017 lalu, Gunung Semeru telah resmikan aturan baru di mana setiap pendaki wajib untuk lakukan pendaftaran online terlebih dahulu. Semua syarat yang dibutuhkan harus dilengkapi. Biaya pendaftarannya pun bisa dibayarkan melalui transfer bank.

 

 

>Butuh jarak 20 km untuk mencapai puncakTotal jarak tempuh dari Ranu Pani menuju puncak sejauh 20 km. Jadi, kalau naik sepeda motor dengan kecepatan 60 km/jam, total yang dibutuhkan mencapai 20 menit. Sedangkan kalau naik gunung Semeru butuh waktu kurang lebih 3 hari 2 malam.

 

 

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

GUNUNG MONGKRANG TAWANGMANGU
03 Juli 2018
PENTING!!! PERSIAPAN AWAL SEBELUM MENDAKI
05 Juli 2018
FAKTA GUNUNG EVEREST
10 Juli 2018
PERSIAPAN SAAT AKAN MEDAKI GUNUNG
17 Juli 2018
Misteri Gunung Lawu yang Ditakuti Para Pendaki ‘'Pasar Setan
18 Juli 2018

Komentar