Logo Eventkampus

GUNUNG MONGKRANG TAWANGMANGU

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
GUNUNG MONGKRANG TAWANGMANGU

GUNUNG MONGKRANG TAWANGMANGU

Bukit yang letaknya sangat dekat dengan pintu pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang ini memang belum cukup terkenal. Keberadaannya yang bersebelahan dengan kemegahan dan keindahan Gunung Lawu juga sedikit terabaikan. Padahal pemandangan di sini nggak kalah indah lho! Bukit dengan ketinggian 2194 mdpl ini ditumbuhi banyak sekali ilalang hingga saat berdiri diantaranya seakan akan kamu termakan olehnya. Suasana inilah yang membuat tempat tersebut bak di negeri dongeng. Bukit Mongkrang ini letaknya di desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar. Sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari kota Solo.
              Saya ingin menceritakan tentang short trip saya mendaki bukit Mongkrang beberapa waktu lalu. Pagi itu tiba-tiba saja teman saat duduk dibangku SMP yang bernama wisma adi awang mengajak saya untuk pergi ke tempat ini. Karena jaraknya yang tidak cukup jauh dari rumah saya, jadilah berangkat tanpa persiapan apapun sedangkan waktu itu sedang musim penghujan.kemudian saya berangkat dari srandon ke tawangmanggu sekitar 30 menit,setelah sampai disana saya menitipkan motor saya dirumah-rumah penduduk sekitar situ.

Saya dan wisma memutuskan untuk berangkat pukul 13.00 WIB. Awalnya, akses jalan yang harus ditempuh cukup mudah karena hanya melewati kebun milik warga. Saat musim kemarau kebun ini penuh dengan buah strawberry lho. Tak hanya strawberry tapi juga banyak ditumbuhi oleh sayur-sayuran lainnya. Sekitar perjalanan sudah memakan waktu 15 menit jalan yang tadi sudah mulai hilang dan hanya ada jalan yang dibuat oleh pendaki lain. Orang jawa biasanya menyebutnya dengan Babat Alas (Belah Hutan) atau besik-besik katanya.

Track nya tidak terlalu curam pada umumnya naik gunung lho! Jadi mudah untuk para pemula. Tapi sedikit sulit karena kondisi hutan yang banyak ditumbuhi tumbuhan berduri. Jadi pastikan kalian pakai celana panjang. Untuk sampai puncak Mongkrang saya membutuhkan waktu sedikitnya 1 jam perjalanan. Tapi semua tergantung pada individu masing-masing karena fisik seseorang tidak bisa disamain. 

Dan yang harus diperhatikan disana jangan membuang sumber api seperti rokok,menyalakan api terlalu besar karenadisana banyak suket atau alang-alang kering sehingga mudah terbakar.

TIPS MENDAKI GUNUNG MONGKRANG

  • Pakailah celana panjang. Karena banyak tumbuhan berduri sepanjang perjalanan mendaki.
  • Gunakanlah jaket, walaupun Mongkrang tidak terlalu dingin tapi terkadang angin bertiup sangat kencang, bahkan terkadang tidak ada angin sedikitpun.
  • Bawa logistik. Minum atau makanan kecil. 
  • Bawalah jas hujan. 
  • Bawa turun lagi sampahmu. Sampah apapun yang dapat mengotori bukit Mongkrang.
  • Bawalah kamera jika suka foto-foto

 

 

 

 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

[Unmul] Rektor Lantik Para Wakil Dekan Faperta dan FPIK
06 Juni 2017
UGM Mendengar: Menampung Aspirasi Kepala Daerah
06 Juni 2017
Wello, Minuman Sehat Berbasis Whey Buatan Mahasiswa IPB
08 Juni 2017
Unpad Jalin Kerja Sama dengan Ardan Grup
09 Juni 2017
PASAR RAMADHAN KOJO, UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA
13 Juni 2017
PEKAN (Pendidikan Konservasi dan Advokasi Lingkungan) Ke - 9 MALIMPA UMS
13 April 2018

Komentar