Logo Eventkampus

Kerjasama Pengelolaan Air, Pemerintah Kota Makassar Gandeng ITB

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kerjasama Pengelolaan Air, Pemerintah Kota Makassar Gandeng ITB

Pada hari Senin (12/06/17), bertempat di gedung CCAR, ITB dan Pemerintah Kota Makassar melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatangan MoU ini diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar dengan PT Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Indowater ITB terkait kerjasama dalam peningkatan kinerja pengelolaan air minum di Kota Makassar. Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Walikota Makassar, Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto serta Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Dalam kesempatan penyampaian sambutan, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan sebuah kehormatan bagi pemerintah kota Makassar dan menjadi pemantik semangat Pemerintah Kota Makassar sekaligus penyokong pengetahuan terhadap terobosan-terobosan yang saat ini sangat dituntut di masyarakat terutama dalam mencari solusi-solusi strategis baik untuk masalah yang sedang tumbuh maupun yang sudah kronis. Beliau berharap kerjasama dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia seperti ITB dapat memberikan hasil terbaik. Makassar sendiri sudah memiliki kemajuan strategis, di antaranya Makassar menempati posisi pertama se-Indonesia di LPPD, Makassar berhasil masuk hingga Top 35 di SINOVIK, serta riset-riset inovasi yang sedang gencar dilakukan di Makassar. Dukungan ITB diharapkan akan membuat semangat Makassar lebih kuat lagi, terutama dalam aplikasi-aplikasi solusi praktis di lapangan.

Pada kesempatannya, Prof. Kadarsah menyatakan rasa terimakasih atas kepercayaan Pemerintah Kota Makassar. Beliau bercerita bahwa dalam sebuah symposium yang dihadiri ITB di Jepang setahun lalu dinyatakan bahwa baru 50% penduduk Indonesia yang mendapat akses pada air bersih. Kepedulian terhadap masalah air diperlukan untuk mengembangkan dan menggarap masalah air yang menjadi pendukung dalam Index Pembangunan Manusia.

 

 

Sumber : itb.ac.id

Penulis

foto Aan ayu saputri
Aan ayu saputri
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

FHUI Berpartisipasi di Program Desa Ramah Anak di Wlahar Wetan
05 Juni 2017
ITB Tandatangani MoU dengan Bank BJB
07 Juni 2017
Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana FH Unpad Kunjungi Kantor WIPO Regional Asia Pasifik
08 Juni 2017
ITB Semakin Kukuhkan Diri Sebagai Entrepreneur University
10 Juni 2017
ITB Semakin Kukuhkan Diri Sebagai Entrepreneur University
12 Juni 2017

Komentar