FAKTA GUNUNG EVEREST

access_time | label Berita
FAKTA GUNUNG EVEREST

 

 

Gunung adalah salah satu ciptaan Tuhan yang mengagumkan. Gunung itu ada yang aktif ,ada yang tidak dan juga ada yang istirahat(sudah beberapa puluhtahun tidak erobsi). Gunung yang aktif biasanya disebut dengan gunung berapi.Saat meletus, gunung berapi sangat berbahaya. Tapi, lava dari letusan gunung berapi itu bisa membuat tanah subur dan memberikan kehidupan bagi manusia di Bumi.

Bicara soal gunung… saya punya beberapa fakta unik seputar gunung, nih. Kira-kira… fakta apa saja yang disimpan oleh gunung? Kita cari tahu bersama, yak!

Fakta 1

Puncak Everest adalah puncak gunung tertinggi yang ada di Pegunungan Himalaya dan dunia. Tinggi puncak Everest adalah 8.846 meter. Orang-orang di zaman dulu menganggap pegunungan sebagai tempat tinggal para dewa-dewi. Orang Tibet termasuk orang yang percaya terhadap hal itu. Bahkan, orang Tibet menyebut Everest sebagai “Chomo Lungma” atau “Ibu Dewi Dunia”.

Fakta 2

Salah satu hal yang bisa menyebabkan terbentuknya gunung adalah tabrakan antara dua buah lempengan. Pegunungan Himalaya adalah salah satu pegunungan yang terbentuk karena tabrakan antara dua lempengan, tepatnya lempengan India dengan lempengan Benua Asia. Peristiwa itu terjadi sekitar 30 – 35 juta tahun lalu.

Fakta 3

Gunung itu terbagi menjadi dua jenis, yakni gunung tua dan gunung muda. Perbedaan antara dua gunung itu terdapat di bagian puncaknya.

Bentuk puncak gunung tua biasanya agak membulat (tumpul) karena sudah terkikis oleh salju, hujan, angin, dan juga es. Nah, kalau puncak gunung muda biasanya berbentuk runcing (tajam dan tinggi) cenderung curam. Gunung muda masih akan tumbuh beberapa millimeter setiap abadnya.

Gunung berapi biasanya berisi magma. willa widiana

Gunung berapi biasanya berisi magma.

Saat ini sudah ada ilmu vulkanologi, ilmu ini sangat membantu manusia.

Fakta 4

Di Bumi, ada lebih dari 10.000 gunung berapi. Tapi, hanya beberapa ratus gunung berapi saja yang masih aktif. Bicara soal gunung berapi, baru ingat kalau ledakan Gunung Pele’e, di Kepulauan Matinik, pada tahun 1902 menyebabkan Kota Saint-Pierre hancur total. Hal itulah yang menyebabkan gunung berapi ditakuti banyak orang.

Fakta 5

Lava adalah salah satu hal yang paling menakutkan dari gunung berapi. Lava adalah magma yang keluar dari kawah gunung berapi. Lava biasanya berwarna merah, namun saat membeku warnanya akan berubah menjadi abu-abu atau hitam.

 

Lava itu bentuknya ada yang kental, agak kental, dan cair. Mereka memiliki suhu yang sangat panas, sehingga bisa menghancurkan apapaun yang disentuhnya. Meski menakutkan, lava bisa membuat tanah menjadi subur, lo.

Fakta 6

Pada tahun 1943, seorang warga Mexico merasakan tanah di ladangnya bergetar. Lalu, keesokan harinya, sebuah gunung berapi muncul di tengah-tengah ladangnya itu. Lalu, pada tahun 1963, muncul sebuah pulau berapi ditengah-tengah semburan debu dan gas berapi. Pulau yang disebut dengan Pulau Surtsey itu terletak di tengah Samudera Atlantik, dekat Islandia.

Saat ini, sudah ada vulkanologi (ilmu pengetahuan tentang gunung berapi, termasuk gempa dan sebagainya). Jadi, para vulkanolog (orang yang ahli dalam vulkanologi) bisa memperediksi kapan sebuah gunung berapi akan “terbangun”. Ilmu ini sangat membantu manusia.

Nah menurut kalian bagaimana gaes gunung Everest memang sangat istiewa dibandingkan gunung yang lain selain ketinggian dan keekstriman gunung Everest juga menarik yang diimpi impikan oleh pendaki seluruh dunia

 

Penulis

foto joni saputra
joni saputra

Artikel Terkait

Share

Komentar