MANFAAT APA SAJAKAH DARI TUMBUHAN LIDAH BUAYA? INILAH 6 MANFAAT LIDAH BUAYA YANG JARANG DI KETAHUI

access_time | label Tips & Trik
MANFAAT APA SAJAKAH DARI TUMBUHAN LIDAH BUAYA?  INILAH 6 MANFAAT LIDAH BUAYA YANG JARANG DI KETAHUI

MANFAAT APA SAJAKAH DARI TUMBUHAN LIDAH BUAYA?

INILAH 6 MANFAAT LIDAH BUAYA YANG JARANG DI KETAHUI

 

Sudah sejak lama lidah buaya memang dikenal oleh masyarakat karena memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Juga untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir. Kita sering mendapatkan adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran. Jadi tidak diragukan lagi khasiat yang luar biasa pada lidah buaya.

Mungkin Anda sudah biasa dan sering menggunakan produk yang menggunakan olahan lidah buaya? Tentu Anda sudah tahu bagaimana bentuk dari lidah buaya itu bukan? Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang termasuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan termasuk genus aloe. Tanaman ini banyak ditemukan pada kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya mirip seperti kaktus, tapi isi daunnya sangat berlendir.

Lidah buaya terkenal karena memiliki banyak manfaat. Didalam lidah buaya terdapat kandungan: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Selama ini Anda tentunya jarang memakai lidah buaya secara langsung, dan lebih sering menggunakan lidah buaya dalam bentuk produk kecantikan yang sudah jadi yang tentunya sudah melalui proses kimiawi. Daripada Anda harus memakai lidah buaya yang sudah jadi dalam bentuk kemasan yang telah mengurangi khasiat dan manfaat dari lidah buaya itu sendiri, sebaiknya Anda menggunakan manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional. Berikut adalah beragam manfaat lidah buaya. Mari segera kita simak di bawah ini.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

1. Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

2. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

3. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

4. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

5. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

6. Mengatasi kulit kering karena cuaca dingin

Lidah buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.

7. Meningkatkan efektivitas krim topikal

 Sebelum Anda membuang pelembab mahal yang tidak bekerja efektif pada kulit Anda, cobalah menambahkan lidah buaya kedalamnya untuk hasil yang lebih baik. Fitokimia lidah buaya memungkinkan penetrasi lapisan kulit lebih dalam dan dapat meningkatkan efektivitas krim, lotion, dan obat topikal.
 

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Share

Komentar