Logo Eventkampus

Mengapa Orang Mudah Lupa

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mengapa Orang Mudah Lupa

Mengapa Orang Mudah Lupa

  1. Stres dan Cemas Stress dan cemas dapat mengganggu perhatian dan memblokir pembentukan kenangan serta menyebabkan kita melupakan masa lalu. Ini hal yang faktanya kerap terjadi pada mereka yang panik.
  2. Otak Tidak Mendapatkan Pasokan Oksigen yang Cukup Untuk bisa berpikir dengan baik, otak membutuhkan oksigen, selain nutrisi. Oksigen bisa kita dapatkan dengan cara bernafas. Namun yang sangat berpengaruh terhadap jumlah oksigen yang dipasok menuju otak adalah darah yang beredar di dalam tubuh kita. Darah dan air yang ada di dalam tubuh kita apabila lancar, maka pasokan oksigen ke dalam otak juga akan menjadi lancar. Sebaliknya, apabila darah mengalir dengan tidak lancar, maka oksigen yang akan dibawa ke otak juga akan semakin sedikit.
  3. Mengkonsumsi Minuman Keras Seperti Alkohol Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan gangguan memori jangka pendek. Meskipun hal ini sangat tergantung dari individu yang mengkonsumsinya, namun dokter tetap merekomendasikan kepada setiap orang untuk menghindari alkohol karena mengkonsumsi 2 gelas alkohol per hari untuk laki-laki dan satu gelas untuk wanita dapat menyebabkan gangguan memori dan bahkan dapat memudarkan ingatan.
  4. Merokok Kita sudah tidak asing dengan bahaya rokok. Selain merugikan kesehatan, terutama paru-paru, partikel dan racun yang ada pada rokok juga mempengaruhi langsung terhadap kemampuan otak kita untuk mengingat. Entah Anda adalah perokok aktif atau perokok pasif, kedua-duanya akan menyebabkan kemunduran memori.
  5. Infeksi Infeksi ringan atau berat di sekitar otak juga dapat mempengaruhi dan menyebabkan kehilangan memori.
  6. Tumor Penyebab lupa yang lainnya adalah tumor yang mempengaruhi otak. Tumor otak menurut American Association dapat mempengaruhi memori kita. Selain tumor otak, beberapa pengobatan medis seperti: kemoterapi dan terapi radiasi juga bisa berpengaruh.
  7. Efek dari Sebagian Obat-Obatan Apabila Anda menyadari bahwa Anda mengalami penurunan kemampuan mengingat pada saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu, cobalah untuk berbicara atau berkonsultasi dengan dokter.
  8. Kurang Tidur Tidak cukup tidur adalah salah satu penyebab seseorang kehilangan ingatan. Tidak hanya kurang tidur, tidurnya tidak nyenyak atau tidak memiliki tidur yang berkualitas yang disebabkan karena gangguan gadget, mesin, suara berisik, mimpi buruk, dan lain-lain sangat berpengaruh terhadap memori.
  9. Tiroid yang Tidak Aktif Penyebab lupa selanjutnya yang harus diwaspadai adalah apabila tiroid yang kita miliki tidak normal. Kelenjar ini dapat menyebabkan gangguan pada saat tidur dapat menyebabkan depresi dan dapat menyebabkan kemampuan otak mengingat berkurang.
  10. Kesedihan yang Mendalam Seseorang yang baru saja kehilangan orang yang dicintai biasanya mengalami kesedihan yang sangat dalam. Kondisi tersebut mempengaruhi mental dan kejiwaannya termasuk juga kemampuan memorinya.
  11. Stroke Stroke menyebabkan tersumbatnya atau terblokirnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga menyebabkan kita mengalami kemunduran dalam kemampuan berpikir dan bergerak. Kondisi gangguan yang disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah kecil yang menyebabkan fungsi otak berkurang mulai dari kondisi yang ringan hingga berat disebut “gangguan kognitif vaskular.”

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

FHUI Berpartisipasi di Program Desa Ramah Anak di Wlahar Wetan
05 Juni 2017
Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana FH Unpad Kunjungi Kantor WIPO Regional Asia Pasifik
08 Juni 2017
10 Peringkat Perguruan Tinggi teratas di Indonesia
19 Agustus 2017
kegunaan telur ayam
12 Juli 2018
UMBY Inisiasi Perpustakaan Khusus Lansia dengan Fasilitas Wifi
23 Juli 2018

Komentar