Logo Eventkampus

kegunaan telur ayam

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
kegunaan telur ayam

TELUR

Pengertian telur

Telur adalah cara unggas dan reptil untuk berkembang biak agar tidak punah. Tetapi kemudian oleh manusia, telur dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Semua telur umumnya dapat dikonsumsi tapi yang lazim untuk dimakan biasanya telur dari hewan unggas diantaranya, ayam, bebek, puyuh. Jika mengkonsumsi telur, yang terbayang selalu telur ayam karena memang produksinya di Indonesia tertinggi diantara jenis telur yang lain.

Manfaat mengonsumsi telur

Selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Karena kandungan gizi yang banyak dimiliki telur inilah, telur banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Untuk kesehatan mata Telur ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang mempunyai peran penting pada kesehatan mata. Ini terutama diperlukan bagi orang yang sudah tua, di mana terjadi penurunan pada kemampuan penglihatannya. Telur mempunyai kandungan antioksidan kuat yang dapat mempertahankan kesehatan retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga walaupun sudah berumur.
  2. Untuk kesehatan otak Telur mengandung kolin, yaitu zat yang sangat penting dan biasanya dikelompokkan dalam vitamin B. Kolin dapat membantu menjaga kesehatan otak karena dibutuhkan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Selain itu, kolin juga berperan penting dalam memecah asam amino homosistein, yang berhubungan dengan perkembangan penyakit jantung.
  3. Mengandung asam amino penting dalam jumlah cukup Asam amino merupakan senyawa penyusun protein, yang sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi dalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan struktural maupun fungsional. Kandungan protein dalam telur dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu butir telur besar mengandung 6 gram protein, di mana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan yang diperlukan tubuh.
  4. Menurunkan kadar trigliserida dalam darah Telur yang diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dikenal dapat meningkatkan faktor risiko dari penyakit jantung.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

[Unmul] Rektor Lantik Para Wakil Dekan Faperta dan FPIK
06 Juni 2017
Selam UGM Eksplorasi Perairan Nusa Lembongan
08 Juni 2017
ITB Semakin Kukuhkan Diri Sebagai Entrepreneur University
12 Juni 2017
4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur
29 Januari 2018
Pendaftar Mahasiswa Baru Unhas Jalur Mandiri Membeludak
16 Juli 2018
Kronologi Jenazah Dibonceng Sepeda Motor di Tanjabtim, Almarhum Meninggal di Atas Motor
25 Juli 2018

Komentar