Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua

access_time | label Tips & Trik
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua

Tahukah Anda kalau bermain ponsel dengan waktu yang lama bisa berakibat buruk untuk kesehatan? Di antaranya bisa menyebabkan mata minus, insomnia, dan bahkan bisa membuat Anda menjadi cepat tua.

Studi terbaru dari US National Library of Medicine mengungkap bahaya bermain ponsel, paparan cahaya biru high energy visible (HEV) dari gawai dalam waktu lama bisa mempercepat penuaan. Simtomnya tampak dari munculnya hiperpigmentasi, keriput, serta garis wajah yang semakin nyata.

 

Cara mencegah penuaan dini akibat gawai

Cara pertama tentu dengan membatasi durasi penggunaan gawai. Cara kedua dengan menggunakan tabir surya yang tak hanya melindungi kulit dari UVA dan UVB, melainkan juga yang bisa menghambat paparan cahaya HEV. Beberapa produk tabir surya telah dilengkapi dengan hal itu, melansir laman Purewow, Jumat (29/6/2018).

Trik lainnya, ubah mode ponsel menjadi "night mode" agar cahaya biru menjadi cahaya kuning ketika kamu bermain ponsel di tempat tidur. Ini tak hanya membantu melindungi kulit agar tak mengalamin penuaan dini, melainkan juga menjaga mata agar tetap sehat. Jika cara itu dirasa masih kurang, lapisi layar gawaimu dengan pelapis khusus yang bisa menghambat paparan sinar biru.

Tidak bisa dipungkiri kalau ponsel seakan telah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari-hari. Mulai dari mencari hiburan, berkomunikasi dengan teman atau keluarga, atau bahkan mengekpresikan diri. Namun penggunaannya yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Apalagi jaman sekarang tidak sedikit anak kecil yang sudah kecanduan dengan gadget. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita lebih bijaksana dalam menggunakannya.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Share

Komentar