Logo Eventkampus

Bakal Ada Program Khusus Pendidikan di Papua, seperti Apa?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Bakal Ada Program Khusus Pendidikan di Papua, seperti Apa?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat sejumlah program khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua dan Papua Barat.

Namun, untuk memajukan pendidikan di Papua harus ada sinergi dengan bidang lain. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, beberapa program khusus ini untuk mewujudkan percepatan pembangunan pendidikan di kedua wilayah tersebut.

Di antaranya berupa sekolah berasrama, pendidikan vokasi dengan materi kearifan lokal, penuntasan kurikulum 2013 sesuai konteks Papua dan Papua Barat, pemberantasan tuna aksara, dan penyediaan guru berkualitas. Program tersebut dibuat dan disesuaikan dengan karakteristik dan kearifan lokal.

“Saya harus tekankan, di Papua dan Papua Barat ini pendidikan tidak bisa berjalan dengan baik tanpa kerja sama dengan sektor lain, khususnya kesehatan. Kita tidak mungkin mencerdaskan anakanak kalau gizinya tidak baik dan tingkat kesehatannya rendah,” katanya di Papua.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Soedarmo menyampai kan bahwa kondisi geografis memang menjadi salah satu kendala memajukan pendidikan di Bumi Cendrawasih. Saat ini telah dilakukan kerja sama dengan pemerintah, perguruan tinggi, lembaga donor, dan lembaga masyarakat, untuk melaksanakan pendidikan berpola asrama di lima wilayah adat. (Neneng Zubaidah)

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

UGM Mendengar: Menampung Aspirasi Kepala Daerah
06 Juni 2017
Wello, Minuman Sehat Berbasis Whey Buatan Mahasiswa IPB
08 Juni 2017
Mahasiswa UGM Kampanyekan Masyarakat Inklusif bagi Kelompok Difabel
12 Juni 2017
Tahun Ini Perayaan Imlek di Solo Tanpa Pesta Kembang Api
12 Februari 2018
Pendaftar Mahasiswa Baru Unhas Jalur Mandiri Membeludak
16 Juli 2018
Incar Prodi Desain Komunikasi Visual? Yuk Cari Tahu di DKV STIKI Malang
25 Juli 2018

Komentar