Logo Eventkampus

Manfaat Tidur Siang untuk Pegawai Kantoran

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Tidur Siang untuk Pegawai Kantoran

Manfaat Tidur Siang untuk Pegawai Kantoran

Tidur siang merupakan kegiatan yang sangat penting untuk semua orang, tidak hanya untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa. Jika ada teori yang mengatakan bahwa tidur siang saat bekerja merupakan hal yang buruk, maka teori tersebut merupakan contoh pemikiran kuno yang tidak tepat.

1. Meningkatkan performa kerja

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa motorik, sehingga Anda merasa lebih berenergi saat bekerja. Panjang tidur siang Anda menentukan manfaat yang dapat Anda miliki. Sebagai contohnya, tidur siang selama 20 menit sangat ideal untuk meningkatkan perhatian dan keterampilan motorik, sementara 60-90 menit tidur siang dapat menidurkan Rapid Eye Movement (RED), yang tentu saja dapat membantu membuat koneksi baru di otak dan membuat pemecahan masalah kreatif. Atur alarm untuk membuat Anda terbangun tepat waktu, jika Anda tidur siang terlalu lama, Anda malah akan merasa pusing sesudahnya.

2. Mengurangi stres dan rasa tegang

Pekerja pasti sering merasakan stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu mengurangi dampak yang terkait dengan stres. Sebuah studi pada tahun 2012 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism meneliti efek stres terkait pada orang dewasa dari tidur siang selama 30 menit dalam dua hari. Para peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur saat Anda hanya tidur selama 2 jam di malam hari. Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurang tidur malam.

Tidur siang dengan teratur dapat membantu menurunkan rasa tegang, sehingga berpengaruh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Dapatkan seluruh manfaat kesehatan dengan melakukan tidur siang dengan benar. Pastikan untuk tetap berpegang pada jadwal tidur siang optimal, yaitu antara pukul 13.00-15.00. Jangka waktu tersebut optimal karena Anda diperkirakan telah melakukan ativitas makan siang, sehingga gula darah dan energi mulai menurun. Melakukan tidur siang di ruangan gelap dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

3. Meningkatkan mood

Pekerja yang pernah menjalani malam-malam tanpa tidur pasti mengetahui bahwa mereka akan kesulitan untuk tertidur di malam hari berikutnya. Mengambil waktu tidur di siang hari dapat membantu menghilangkan keresahan akibat kurang tidur. Perlu diingat, tidur siang merupakan pilihan yang lebih bijaksana dibandingkan dengan menyeruput kopi, karena mengonsumsi kafein di sore atau malam hari akan menyebabkan dampak negatif pada tidur malam Anda. Oleh karena itu, tidur siang merupakan cara alami untuk meningkatkan mood Anda.

4. Meningkatkan daya ingat

Penelitian terbaru menemukan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan memori. Pelajar yang melakukan tidur siang lebih banyak menyerap informasi dibandingkan dengan yang tidak. Bukan hanya itu, tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Sebuah tim neuropsikolog Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah belajar dapat membantu meningkatkan daya ingat manusia sebanyak lima kali lipat dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti juga menambahkan bahwa kemampuan otak untuk mengingat akan meningkat jika Anda berada dalam tidur yang tenang. Hal ini tentunya sangat baik untuk pekerja.

Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa sekelompok orang yang melakukan tidur siang mengalami perbaikan terhadap kewaspadaan, memori jangka pendek, suhu intra-aural dan denyut jantung.

5. Meningkatkan kebugaran

Tidur siang akan meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa atlet yang mendapatkan banyak tidur siang lebih cepat berlari, daya tahan lebih lama, detak jantung yang lebih rendah, dan latihan yang lebih baik. Para peneliti juga mengatakan bahwa sebagian besar atlet tidak memiliki cukup tidur untuk dapat pulih dari latihan mereka. Hal tersebut dapat mengacaukan pikiran, suasana hati, dan waktu reaksi. Tidur siang dipercayai oleh para peneliti untuk dapat mengatasi masalah-masalah tersebut.

6. Melawan keinginan makan

Rasa lelah terkenal mengarah kepada peningkatan nafsu makan. Ketika sore hari mulai tiba, banyak pekerja yang memiliki keinginan untuk makan makanan manis (seperti coklat dan permen), soda, dan kopi agar mereka tetap terjaga, yang tentu saja dapat menyebabkan gula darah tidak stabil. Jika Anda memiliki waktu sekitar 10-15 menit, cobalah untuk tidur siang secara singkat sebagai gantinya. Hal ini pada akhirnya dapat memulihkan konsentrasi dan semangat sambil menurunkan hormon stres yang berkontribusi untuk membuat Anda mengidam.

 

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

Telkomsel Buka Lowongan Trainee Juni 2017
06 Juni 2017
Sering begadang??  Tapi rasa kantuk terus menghantui???
19 Juli 2018
Merasa Gabut di Kantor? 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan di Waktu Senggang.
02 Januari 2020

Komentar