Logo Eventkampus

pengertian USB

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
pengertian USB

 

Pengertian USB

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit per detik). Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.

Fungsi Kabel Data

  1. Melakukan koneksi internet (tergantung operator & jenis HP).
  2. Melakukan Backup SMS, Phone book, Calendar, Organiser, Radio, Photo, File, dll.
  3. Melakukan cetak Foto dari HP untuk dicetak lewat printer.
  4. Membuat SMS gateway (program SMS server, biasanya untuk Voucher Elektrik).
  5. Mengisi Games, Applikasi, MP3, Movie Clip, dll.

Jenis-Jenis

1.Kabel Data HP digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, Anda dapat mengirim data dari HP hasil foto ke dalam komputer dan bisa di cetak, kabel data ini bermacam-macam ada yang tipe DKU-5, CA-42, tergantung dari merk HPnya, HP yang bagus biasanya menyertakan kabel data.

2.Kabel Power Adalah kabel yang digunakan untuk memberi supply tegangan pada power supply, pada Monitor. tanpa kabel ini monitor akan mati, dan power supply tidak dapat beroperasi.

3.Kabel Data USB Kabel ini digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, atau Printer dengan komputer, Camera digital dengan komputer.

4.Kabel Data hardisk Kabel ini digunakan untuk menghubungkan hardisk dengan perangkat motherboard. jenisnyapun bermacam-macam ada kabel data IDE, dan ada pula kabel data SATA, SCASI. kabel tergantung dari jenis hardisk yang digunakan.

5.Kabel LAN UTP dan STP adalah jenis kabel untuk membangun jaringan komputer, dengan teknologi ethernet. Kabel UTP dan STP hampir sama yang membedakan jika STP terdapat shield atau jaket tambahan.

 

 

 

 

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Komentar