Logo Eventkampus

Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh

Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh

Pasti anda punya teman yang sangat dekat dengan anda ,pastinya kalian pernah mengalami masa-masa sulit antara anda dan teman anda.Memiliki sahabat yang bisa mengerti kondisi kita bahkan menjadi tempat bersandar ketika sedang susah tentunya yang diinginkan tiap orang. Mencari sahabat yang seperti itu memang bukanlah hal yang mudah, namun lebih sulit lagi untuk menjaga persahabatan agar tetap utuh sampai kapanpun. Banyak kasus dimana sahabat yang sudah bertahun-tahun lamanya tiba-tiba menjauh karena berbagai hal.

1. Saling Jujur Satu Sama Lainnya

Seperti hal nya sebuah hubungan, dalam persahabatan pun kejujuran merupakan pondasi utama dalam membangun hubungan yang kuat. Dengan kejujuran, akan membuat anda dan sahabat-sahabat anda semakin terhubung dengan ikatan batin yang kuat. Nah untuk itu sangat disarankan untuk saling jujur satu sama lainnya terhadap sahabat anda. Seburuk apapun itu tetaplah berusaha jujur agar tak terjadi kesalahpahaman di depannya.

2. Fleksibel

Cara lainnya yang efektif dapat menjaga persahabatan agar tetap utuh adalah fleksibel. Dengan tidak adanya rasa fleksibel, akan sangat sulit rasanya untuk dapat menerima perubahan sikap dan perilaku dari teman-teman anda sendiri. Untuk itu, cobalah untuk belajar menyikapi jika terjadi perubahan-perubahan dalam diri sahabat anda.

3. Segera Atasi Kesalahpahaman

Jika terjadi kesalahpahaman di dalam hubungan persahabatan, maka segeralah untuk memperbaikinya. Jangan menunda terlalu lama karena hanya akan menambah permasalahan baru saja. Selain itu, jika dibiarkan terus menerus maka bisa jadi masalah yang tadinya sepele dapat menghancrukan persahabatan yang sudah anda dan teman-teman anda bangun selama ini.

4. Minta Maaf Langsung Jika Merasa Bersalah

Setiap orang tentunya pernah melakukan kesalahan, karena tak ada orang sempurna satupun di dunia ini. Jadi jangan takut jika anda harus meminta maaf. Bila anda memang bersalah, sesegera mungkin cepatlah untuk meminta maaf. Begitu pula sebaliknya, jika sahabat anda yang bersalah, maka cobalah untuk memaafkannya.

5. Ucapkan Terima Kasih

Tak hanya meminta maaf, berterima kasih juga perlu anda terapkan dalam persahabatan. Hal ini yang terkadang seringkali diabaikan oleh kebanyak orang. Padahal ucapan-ucapan terima kasih bisa membantu ikatan persahabatan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

6. Selalu Bisa Menjaga Rahasia

Buang jauh-jauh kebiasaan yang selalu mengumbar-umbar keburukan orang-orang lain di sekitar jika anda memang ingin hubungan persahabatan anda menjadi tetap utuh sampai kapanpun. Sifat ini tak hanya merugikan orang lain namun juga diri anda sendiri. Untuk itu belajarlah untuk sellau bisa menjaga rahasia sahabat-sahabat anda dengan baik.

7. Selalu Menjadi Pendengar Yang Baik

Cobalah untuk selalu bisa menjadi pendengar yang baik bagi sahabat-sahabat anda. Jangan pernah bersikap menggurui ataupun tidak menghiraukan apa yang dibicarakan teman anda. Anda boleh memberikan nasehat bagi teman anda, namun jangan melakukannya dengan cepat atau malah bisa menyulitkan teman anda nantinya. Berikan nasehat secara perlahan dan pastikan teman anda mengerti yang anda maksud.

Semoga hubungan anda dan teman anda akan tetap terasa harmonis dan langgeng karna tanpa sahabat itu rasanya gak asik.

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

MANUSIA PANCASILA : CERMINAN PENGAKTUALISASIAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI LANDASAN MULTIKULTURALI
20 Juni 2017
Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
SEBERAPA BESAR PERAN SAHABAT?
05 Februari 2018
Single Jauh Lebih Baik Menurut Sains
19 Juli 2018
Bukan Cuma Bahagia, Punya Banyak Teman Bisa Perpanjang Usia
19 Juli 2018

Komentar