Logo Eventkampus

Wajib Tahu, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Wajib Tahu, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari

Memang sih paparan sinar matahari sering membuat kepanasan dan mengganggu aktivitas, namun ternyata ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa manfaat sinar matahari juga baik bagi kesehatan. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami dan mudah didapatkan. Namun yang harus kamu hindari adalah efek negatif yang akan terjadi jika terlalu lama menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Selain kulit terbakar, ada baiknya ketahui beberapa hal yang bisa kamu pahami penjelasan ilmiah tentang dampak positif dan negatif jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama di bawah ini.

1.Kulit jadi memerah
Hal ini yang paling sering kamu temukan saat terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Bahkan biasanya kulit memerah akan menjadi permanen ketika usia seseorang semakin tua. Hal ini disebabkan karena sinar matahari bisa membuat kulit menjadi semakin tipis dan mengendurkan kulit di sekitar pembuluh darah dan menjadi lebar sehingga menghasilkan warna merah dan cokelat terutama pada bagian pipi dan leher.

2. Mengganggu penglihatan
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa papar sinar matahari yang berlebihan bisa merusak penglihatan seseorang terutama untuk yang berusia 40 tahun yang bisa meningkatkan risiko katarak.

3. Membantu kualitas tidur di malam hari
Menurut penelitian, jadwal tidur yang ideal adalah yang sesuai dengan matahari terbit dan terbenam. Jika waktu tidurmu mengikuti pola waktu matahari, maka kualitas tidurmu akan cukup dan tidak akan terganggu.

4. Meningkatkan suasana hati
Sinar matahari juga bisa mengaktifkan beberapa senyawa bahagia dalam tubuh. Hal ini karena sinar matahari bisa menginduksi hormon betaendorphin, suatu senyawa yang bisa menciptakan rasa bahagia.

5. Meningkatkan manfaat vitamin D
Beberapa penelitian mengemukakan bahwa penyerapan sinar matahari dalam tubuh bisa meningkatkan manfaat vitamin D dalam tubuh. Peningkatan vitamin D ini akan membuatmu terhindar dari penyakit clerosis, osteoporosis, dan flu. Tapi yang harus selalu diingat jangan terlalu lama terkena sinar matahari, karena malah bisa membalikkan manfaat dari vitamin D itu sendiri.

Nah, itulah yang harus kamu ketahui mengenai dampak negatif dan positif saat terlalu lama terkena sinar matahari. Ada baiknya gunakan pelindung seperti sunscreen maupun kacamata gelap untuk mengurangi efek negatif dari sinar matahari.

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Manfaat Memakai Masker Putih Telur
05 Juli 2018
Jangan letakkan ikat rambut di pergelangan tangan!
18 Juli 2018
Sering cemas berlebihan? Ini bahayanya!
19 Juli 2018
Bekerja terlalu berlebihan bisa memperpendek usia
20 Juli 2018
Stop! Hindari 4 Makanan yang Bikin Kamu Cepat Tua
27 Juli 2018
MANFAAT DAUN MINT
21 Februari 2020

Komentar