Logo Eventkampus

Sering cemas berlebihan? Ini bahayanya!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Sering cemas berlebihan? Ini bahayanya!

Sering cemas berlebihan? Terlalu mudah cemas bisa menyebabkan stres berkepanjangan. Dan stres dapat merusak kesehatan Anda, baik itu secara mental atau pun fisik. Bila stres tidak dikelola dengan baik, Anda bisa menyebabkan penyakit mental yang disebut depresi. Berikut adalah lima bahaya dari cemas berlebihan dan stres, seperti dilansir Boldsky.

1. Masalah jantung
Stres dan kecemasan yang berlebihan memiliki dampak buruk pada jantung. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 30 persen. 

2. Bikin otak menyusut
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang hidup di bawah stres tinggi memiliki korteks prefrontal lebih kecil. Itu merupakan wilayah otak yang mengontrol emosi. 

3. Gampang sakit 
Stres atau kecemasan yang berlebihan dapat mengurangi tingkat imunitas. Dan itu bisa menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan berbagai penyakit. Stres bisa melemahkan kekebalan tubuh, sehingga Anda sering menderita pilek atau penyakit lainnya.

4. Menaikkan berat badan
Stres dan kecemasan berlebihan dapat melepaskan hormon dalam tubuh yang disebut kortisol. Hormon tersebut dapat menurunkan tingkat metabolisme, yang nantinya bisa menyebabkan kenaikan berat badan. 

5. Penurunan libido Dan infertilitas 
Stres dan tingkat kecemasan yang tinggi dapat mengurangi gairah seks. Itu juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria dan wanita.

6. Penuaan dini 
Stres atau kecemasan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penuaan dini. Kondisi itu bisa menyebabkan sel-sel tubuh menua lebih cepat seperti rambut beruban, kulit keriput, penglihatan lemah dll.

Inilah enam bahaya dari kecemasan berlebihan untuk kesehatan. Pikirkan semua masalah dengan suasana hati yang tenang dan jangan pernah memendam masalah terlalu lama. 

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Konsumsi micin bikin pusing? berikut cara mengatasinya
13 Juli 2018
Bekerja terlalu berlebihan bisa memperpendek usia
20 Juli 2018
Wajib Tahu, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari
27 Juli 2018
Stop! Hindari 4 Makanan yang Bikin Kamu Cepat Tua
27 Juli 2018
Gantilah Sikat Gigi Maksimal 3 Bulan Sekali
02 Agustus 2018
Cara Mengecilkan Lengan
17 Januari 2020

Komentar