Logo Eventkampus

OLAHRAGA SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK TIDAK BAIK

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
OLAHRAGA SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK TIDAK BAIK

 

Mendengarkan musik menjadi pilihan banyak orang untuk menemani olahraga, terutama lari.. Namun, apakah kebiasaan mendengarkan musik saat berlari baik atau buruk? Sejak zaman kemunculan Walkman hingga kini, masih ada saja dan penelitian dari kedua belah pihak. Baik yang menghargai musik adalah hal positif atau pihak yang menilai sebaliknya.

Mendengarkan musik sambil mendengarkan musik tidak baik.Sebab, stimulus dari musik mampu menahan rangsangan internal seperti siang. Stimulus akan dikirim ke otak saat sedang berlari. Saat-saat yang dihilangkan, maka si pelari akan merasa mampu untuk berlari lebih cepat dan lebih lama. Namun, ada pula tiga alasan bahwa Anda mungkin tidak perlu mendengarkan musik saat berlari.

1. Kurang awas dengan lingkungan Mendengarkan musik saat berlari akan membuat kita kurang sensitif dan kurang awas dengan keadaan sekitar. Misalnya, kompilasi berpadu dengan pengendara mobil, motor, sepeda atau pelari lain. Ketika kita asyik mendengarkan musik, kita tidak akan bisa mendengar saat ada seseorang di dekat kita. Jika kita berada pada lingkungan yang sibuk, akan lebih baik jika menggunakan headphone saat berlari. Namun, jika Anda harus mendengarkan musik, pilihlah headphone tanpa kabel dan jangan memasukkan sepenuhnya ke dalam telinga. Masih kamu masih bisa mendengar lingkungan di sekitar.

2. Mengacaukan kecepatan berlari Ketika mendengar musik bisa melakukan kegiatan larimu, tidak di setiap opportunity kamustannya. Jangan sampai kamu menjadi ketergantungan dengan musik saat berlari. Apalagi dalam konteks perlombaan. Baca informasi tentang aturan penggunaan headphone .. Mendengarkan musik juga dianggap mengacaukan kecepatan berlari. Sosiolog dan pelatih olahraga, Jim Denison, Ph.D mencontohkan lari di daerah perbukitan dengan konsep estafet. "Untuk lari seperti ini, keluarkan musik menjadi tidak efisien," ujarnya. Jika Anda memang sudah setuju dengan musik sebelumnya, gunakan alihkan fungsi musik dengan jam tangan. Aturlah pembagian waktu untuk mengetahui tingkat kecepatan yang diperlukan.

3. Merusak pengalaman berlari Saat ini, gangguan dari teknologi ada di mana saja dan jarang sekali melihat seseorang yang tidak menggunakan ponsel di soal. Lari bisa menjadi momentum bagi kita untuk menjernihkan pikiran dan melepaskan dari gangguan teknologi tersebut. Denison meyakini, mendengarkan musik saat lari akan menjauhkan kita dari pengalaman tersebu "Kemampuan untuk berada dalam kedamaian dan kekal adalah hal yang hilang di dalam kita saat ini. Kita akan menjadi pribadi yang multitasking. Mendengarkan musik kompilasi olahraga menurutku juga bagian dari multitasking tersebut," kata Denison. Mungkin pada hari-hari tertentu kami membutuhkan bantuan dengan saat musik berlari. Namun, kami juga membutuhkan bermlari tanpa musik, mengumpulkan kami dan menemukan dalam pikiran-pemikiran kita dan alam.

Jadi, cobalah hindari mendengarkan musik dan lakukan apa yang ada di sekitar. Ini akan baik bagi jiwamu.

 

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

Beberapa dampak baik dahsyatnya jalan kaki untuk kesehatan
13 Juli 2018
Jogging, Olahraga Ringan Bantu Kamu Meredakan Stres Sepulang Kerja
31 Juli 2018
20 Manfaat Memelihara Kucing Kucing termasuk hewan kesayangan Rasulullah SAW. Sebagai salah satu c
03 Agustus 2018
6 Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi
03 Agustus 2018
Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis
03 Agustus 2018
Fakta Tentang Nadim Makarim
23 Januari 2020

Komentar