Logo Eventkampus

7 Tempat Wisata Terbaru di Dieng Wonosobo

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
7 Tempat Wisata Terbaru di Dieng Wonosobo

Menutup tahun dengan pesta kembang api sudah bosan? Mungkin mengeksplor Dieng bisa jadi alternatif pilihan.

Dieng adalah kawasan wisata yang terletak di kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo di ketinggian 2.090 MDPL. Keindahannya yang bak surga memang sudah terkenal sejak dulu.

Memiliki beragam wisata alam dan sejarah yang jadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara, seperti Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Sikidang, Dieng Plateau Theater, dan sebagainya.

Tapi tahukah anda saat ini ada banyak destinasi wisata baru yang belum banyak orang tahu di Dieng?

Berikut ulasannya:

1.Batu Pandang Ratapan Angin

Landscape utama dari spot ini adalah pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang bersebelahan. Ditambah dengan Gunung Prau sebagai backgroundnya. Batu Pandang Ratapan Angin berada di dekat Dieng Plateau Theater.

Diperlukan waktu kurang lebih 7 menit berjalan sedikit mendaki untuk sampai di sana. Dalam perjalanan anda akan menyusuri jalan setapak di antara ladang pertanian kentang atau kacang dan perkebunan carica. Kemudian, anda dapat melihat pemandangan memukau perbukitan dengan bebatuan andesit beraneka bentuk serta Kawah Sikidang di sebelah kanan.

2.Golden Sunrise Bukit Sikunir

Bagi anda yang ingin melihat sunrise dari puncak tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mendaki gunung tinggi, inilah tempatnya.

Sikunir merupakan salah satu spot melihat matahari terbit terbaik di dunia. Terletak di desa Sembungan, desa tertinggi di pulau Jawa, ketinggian 2.350 MDPL.

Walaupun agak terjal dan terdapat jurang di sisi jalan, perjalanan ke puncak bukit sikunir tergolong pendakian mudah. Cukup 30 menit berjalan dari area parkir. Di puncak anda akan dikagumkan dengan panampakan matahari terbit yang dipercantik dengan siluet raksasa Gunung Sindoro.

3.Padang Savana Telaga Semurup

Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, di Dieng juga ada savana. Terletak di ketinggian 2.300 MDPL Dusun Karangsari, Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Tersembunyi di balik tingginya Bukit Pangonan.

Tempat ini merupakan pusat  bun upas (embun kering), yang menyebabkan rumput di sini berwarna coklat. Padang Savana Telaga Semurup dapat dijangkau kurang lebih 20 menit berjalan dari basecamp Karangsari.

Menurut kisah, savana ini dulunya merupakan sebuah telaga. Uniknya, jika musim hujan tempat ini merupakan padang rumput yang sangat hijau, ketika musim kemarau menjadi padang rumput kering dengan pohon-pohon yang meranggas.

4. Telaga Dringo

Telaga Dringo disebut-sebut sebagai Ranukumbolo KW. Di telaga ini anda dapat menikmati panorama danau yang dikelilingi perbukitan hijau serta dihiasi hamparan material vulkanik berupa pasir.

Letaknya  yang berada di ketinggian 2.222 MDPL mengharuskan anda mendaki atau trekking untuk menjangkaunya. Tempat indah ini terletak di Desa Pekasiran Kecamatan Batur Banjarnegara, berbatasan dengan Kabupaten Batang.

Cara paling asyik menikmati tempat ini adalah dengan bercamping. Selama camping anda bisa memancing, hiking, trekking menyusuri padang rumput cemeti, dan melihat sunset di sore hari dari puncak bukit yang mengelilingi Telaga Dringo.

5.  Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Petak 9 Bukit Sidengkeng adalah tempat wisata paling diincar wisatawan asing. Terletak di sisi utara Telaga Warna di Desa Dieng Wetan Kabupaten Wonosobo.

Dari tempat ini anda dapat melihat indahnya Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan background Gunung Sindoro. Dari arah yang berseberangan dengan Batu Pandang Ratapan Angin Untuk melihatnya, anda perlu naik ke puncak Bukit Sidengkeng.

Ketika menuju kesana, anda akan disambut kurang lebih 75 jenis tanaman endemik Dieng. Kemudian anda akan berjalan melalui jalan setapak menanjak sekitar  15 menit. Perjalanan akan menyenangkan karena anda dapat menikmati barisan pohon akasia decuren dan berbagai bunga.

6. Gunung Prau

Gunung ini dinyatakan sebagai tempat melihat sunrise terbaik di Asia Tenggara. Terletak di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo ketinggian 2.565 MDPL.

Pendakiannya tergolong mudah dan pendek, karena titik memulai pendakian sudah berada di ketinggian 1.700 MDPL. Cocok untuk pendaki pemula.

Di gunung ini, anda akan disuguhi keindahan bukit teletubies, hamparan bunga daisy, dan tentu saja golden sunrise. Waktu pendakian dari basecamp terdekat sekitar 2-3 jam.

7. D’Qiano Dieng Water Park

D’Qiano Water park merupakan lokasi wisata terbaru yang terletak di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Kurang lebih 7 KM dari pusat pariwisata Dieng.

Water park ini merupakan pemandian air panas tertinggi di Indonesia. Selain memiliki berbagai jenis kolam, D’Qiano juga dilengkapi dengan arena outbond, penginapan, restoran, klinik dan ambulan, serta masjid. Harga tiket masuk ke D’Qiano adalah Rp.20.000. Cukup terjangkau untuk kenikmatan bermain air hangat di atas awan

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar