Logo Eventkampus

Ini yang harus dilakukan para pria supaya panjang umur

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Ini yang harus dilakukan para pria supaya panjang umur

Pada tahun 2013, menurut laporan dariThe Lancet ,harapan hidup dari penduduk wanita Indonesia adalah 72,7 tahun sedangkan penduduk pria hanya 68,4 tahun. Hasil ini hampir sama dengan apa yang ada di Amerika Serikat, yang penduduk pria memiliki angka harapan hidup lima tahun lebih sedikit daripada penduduk wanitanya.

Rupanya ada beberapa kebiasaan yang membuat pria rentan meninggal di usia lebih muda dibanding wanita. Mulai dari merokok hingga stres. Nah bagi Anda pria yang menginginkan hidup lebih lama dari harapan hidup ada baiknya anda melakukan cara panjang umur .

 

1. Meninggalkan merokok

Jumlah perokok pria lebih banyak dibandingkan wanita. Sehingga tak heran jika lebih banyak pria yang terkena dampak buruknya. Dokter dari University of Wisconsins School of Medicine and Public Health, Amerika Serikat mengungkap kebiasaan merokok bisa memangkas usia hingga 15 tahun.

Namun bila Anda berhenti merokok dalam jangka waktu 15 tahun, risiko terkena penyakit jantung menurun. Bahkan risikonya sama dengan orang yang tidak merokok.

2. Pangkas konsumsi minuman beralkohol

Pria cenderung dua kali lipat lebih sering alami mabuk akibat minuman beralkohol dibandingkan wanita. Padahal mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah banyak dan sering aneka penyakit mengintai. Seperti terkena kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker usus.

Cara terbaik untuk mengurangi dampak buruk dengan membatasi asupan minuman beralkohol. US Dietary Guidelines membatasi hanya dua gelas per hari.


3. Rutin kontrol kesehatan

Pria terkenal lebih malas untuk mengunjungi dokter. Faktanya hanya ada 1 dari 4 pria yang rutin mengunjungi dokter berdasarkan National Center for Health Statistics. Para pria beralasan mereka sibuk, aneh saat bertatapan dengan dokter hingga takut.

Berbeda halnya bila pria rutin mengontrol kesehatan, aneka gejala awal penyakit bisa dideteksi dini. Seperti pre diabetes atau tekanan darah tinggi.

4. Atur stres

Aneka tekanan pekerjaan, keluarga, ekonomi bisa membuat pria jadi stres. Pada saat stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin. Bila tubuh menghasilkan kedua hormon tersebut bisa memicu tekanan darah dan kolesterol meningkat. Sehingga risiko terkena penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke meningkat.

5. Jaga kesehatan mental

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention, dari total orang yang bunuh diri di Amerika Serikat 80 persen di antaranya pria. Sehingga tak heran bila bunuh diri jadi penyebab kematian nomor tujuh pada pria.

"Pria seringkali merasa dirinya mampu melewati aneka masalah sendiri. Namun ada kalanya mereka butuh bantuan orang lain," kata anggota American Foundation for Suicide Prevention, Christine Moutier.

Rata-rata, pria merasa malu untuk meminta bantuan orang lain mengenai masalah yang sedang ia hadapi. Padahal justru hal itu tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan gangguan psikis. Bagaimanapun kita sebagai makhluk sosial akan membutuhkan bantuan orang lain. Sebab itu, kalau merasa memang sudah tidak kuat lagi untuk dihadapi sendiri, mintalah bantuan kepada orang terdekat seperti keluarga, sahabat, atau mungkin bisa ke psikiater.

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Bingung Saat Waktu Luang ? Coba,  Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Kesehatan 
11 Juli 2017
Manfaat Senam Untuk Kesehatan
11 Juli 2017
Manfaat Roti Gandum Bagi Tubuh
12 Juli 2017
manfaat kulit pisang bagi wajah
16 Januari 2018
manfaat daun sirsak
16 Januari 2018
pengertian campak
17 Januari 2018

Komentar