Logo Eventkampus

APA ITU INSOMNIA ?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
APA ITU INSOMNIA ?

Insomnia merupakan gangguan susah tidur dimalam hari. Kondisi ini mengalami seseorang untuk tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Tidur malam yang cukup untuk beristirahat yaitu 8 Jam untuk memulihkan kembali tenaga yang lelah. Hal ini yang menyebabkan kondisi fisik insomnia menjadi tidak fit ketika melakukan aktivitas keesokan harinya. Kurangnya tidur(Insomnia) juga menyebabkan gangguan hipotensi(darah rendah) yang menyebabkan siklus darah menjadi tidak teratur dan berpengaruh pada kinerja otak. Salah satu contoh hal yang tidak bermanfaat penyebab insomnia yaitu begadang. Begadang merupakan hal dimana kita berjaga hingga malam hari yang tidak ada membuahkan hasil yang positiv seperti keluyuran hingga larut malam.

  • Gejala Insomnia : sulit menentukan ukuran tidur yag normal karena kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia,gaya hidup lingkungan serta pola makan.Gejala insomnia yaitu dapat kita lihat dari susahnya kita tidur dan kurangnya istirahat yang cukup, terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali, merasa lelah karena tidak bisa tidur dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.
  • Penyebab Insomnia : ada beberapa hal yang menyebabkan kita menjadi insomnia tetapi kita tidak menyadarinya seperti bekerja dimalam hari, penggunaan alkohol yang melebihi batas, efek samping obat dengan penggunaan dosis yang tinggi, stres atau kekhawatiran yang berlebihan.
  • Cara mengatasi Insomnia :
  1. Tidak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur
  2. Menghindari kafein yang berlebihan
  3. Tidur lebih awal dari jam yang ditargetkan
  4. Buat suasana kamar menjadi lebih nyaman akan mempengaruhi juga kenyamanan kita saat tidur
  5. Menghindari stress
  6. Membiasakan agar otak tidak bekerja dimalam hari
  7. Tidak membiasakan diri untuk berjaga hingga larut malam(begadang)

 

Penulis

foto Aan ayu saputri
Aan ayu saputri
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

Posisi Duduk Yang Benar Dan Sehat
22 Juni 2017
MANFAAT JALAN KAKI PAGI HARI
03 Juli 2017
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit Dan Mata
26 Juli 2017
cara agar badan menjadi lebih tinggi
28 Desember 2017
INILAH KANDUNGAN DALAM TELUR
04 Juli 2018
Manfaat makanan pahit yang baik untuk kesehatan
13 Juli 2018

Komentar