Logo Eventkampus

5 Cara Cerdas Belanja Hemat Saat di Mall Berikut Ini

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Cerdas Belanja Hemat Saat di Mall Berikut Ini

Shopping atau hanya sekedar jalan-jalan di mall merupakan saat yang menyenangkan untuk refreshing. Bagi yang suka cuci mata, pasti selalu meluangkan waktu untuk pergi ke mall. Selain iseng jalan bersama teman terkadang kebetulan juga menemukan barang yang sudah lama di cari dan akhirnya punya kesempatan untuk membeli.

Namun, jika terus seperti itu lama-lama keuangan menjadi tidak terkontrol loh karena terlalu sering menghabiskan uang untuk berbelanja. Ini dia cara cerdas belanja hemat saat sedang di mall yang kamu kunjungi.

1. Tulislah daftar belanja yang dibutuhkan

Sebelum berbelanja coba tuliskan dulu daftar kebutuhan yang ingin di beli. Persiapkan daftar tersebut saat masih dirumah, jadi bisa sambil melihat sekeliling rumah hal apa yang masih kurang. Biasanya, untuk sebagian orang pasti ingin membeli sesuatu yang sebenarnya belum terlalu butuh. Khususnya wanita, doyan belanja apa saja untuk menyenangi hati mereka. Sebaiknya, tetap sediakan daftar kebutuhan agar tidak over budget.

2. Sesuaikan dengan budget

Sudah siap dengan daftar belanjaan, coba dulu cek kembali uang di dompet kamu. Siapa tau malah kelebihan atau mungkin masih cukup untuk membeli beberapa item. Walaupun barang tersebut sesuatu yang sangat butuh, alangkah baiknya tetap disesuaikan dengan budget agar tidak terlalu pas pasan. Apalagi, jika yang kamu butuhkan memiliki pertimbangan terhadap barang lain yang ternyata bisa lebih murah. Hal ini merupakan yang utama untuk menjadi cara cerdasa belanja hemat, supaya uang mu tidak keluar secara percuma.

3. Cari info diskonan melalui sosial media

Setiap toko yang ada di mall pasti telah menyiapkan waktu-waktu tertentu. Untuk mengetahui waktu tersebut, tentu kita tidak perlu mendatangi satu-satu toko yang ada. Dengan teknologi yang kian berkembang, segalanya membuat hidup kita menjadi lebih mudah, dan praktis. Cara cerdas hemat belanja di mall yang satu  ini membantu kamu untuk tidak perlu setiap hari datang ke mall untuk mendapatkan diskon. Cukup buka sosial media kamu dan cari nama store yang sedang kamu incar. Kalau mau lebih lengkap, bisa juga langsung mencari id dari mall yang ingin kamu kunjungi. Sudah banyak kok mall yang menggunakan akun sosial media untuk dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Sehingga kamu tidak perlu susah-susah mencari tahu informasi yang kamu perlukan.

4. Manfaatkan kartu member

Jika kamu cukup setia pada suatu brand atau mall biasanya kamu akan ditawarkan untuk memiliki kartu member. Pembuatan kartu member juga banyak yang tidak memerlukan banyak persyaratan. Kartu member tidak hanya sekedar kartu biasa loh, banyak sekali sebenarnya manfaat yang terkadang tidak kita ketahui. Seperti potongan-potongan harga yang ditawarkan jika kita memiliki kartu member. Belum lagi, point yang kita kumpulkan selama penggunaan. Biasanya juga ada reward yang mereka berikan kepada pelanggan yang memiliki cukup banyak point. Bagi kamu yang memang memiliki hobi jalan-jalan atau bahkan sering berbelanja di mall tertentu, buatlah kartu member untuk mendapatkan beberapa penawaran menarik. Bertambah lagi nih cara cerdas belanja hemat kamu.

5. Lebih baik belanja sendirian deh

Kalau hanya sekedar cuci mata dan jalan-jalan ke mall memang pasti menyenangkan jika bersama orang terdekat kita. Namun, dalam hal berbelanja sebaiknya belanja saja sendirian tanpa ditemani banyak orang. Biasanya jika banyak orang disekitarmu, kamu juga akan mudah terpengaruh oleh orang-orang tersebut. Awalnya tidak memiliki keinginan untuk membeli suatu barang namun karena adanya faktor dorongan teman akhirnya kamu pun membelinya. Hal-hal tersebut yang membahayakan budgetkamu loh. Bukannya tidak diperbolehkan, tapi sebaiknya pikir-pikir lagi nih apakah tetap butuh teman berbelanja atau senang jika hanya sendiri.

Nah sudah tau kan bagaimana cara cerdas belanja hemat di mall? Selamat mencoba dan happy shopping!


Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar