Logo Eventkampus

Beberapa Khasiat Daun Salam yang perlu Kamu ketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa Khasiat Daun Salam yang perlu Kamu ketahui

Daun Salam, ternyata memiliki banyak manfaat yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan sampai berat.

Daun salam ternyata memiliki kandungan senyawa seperti; niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat kamu harus mencoba mengolah daun salam untuk dijadikan obat herbal.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang khasiat Daun Salam yang perlu kamu ketahui, berikut penjelasannya.

 

1.       Mengobati Darah Tinggi

Daun salam ini ternyata mampu mengobati darah tinggi. Air rebusan daun salam dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah.

 

2.       Mengobati Asam Urat

Daun salam juga dapat membantu mengurangi kadar kadar asam urat. Minum rebusan daun salam 2 kali sehari untuk menghindari masalah asam urat yang di derita.

 

3.       Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi daun salam dapat meluruhkan lemak. Kamu dapat mengunyah daun salam setiap hari atau dengan cara mengolahnya. Cara merebusnya bisa dengan menyiapkan 1 liter air dan 6 lembar daun salam. Tambahkan 1 sendok makan kayu manis bubuk serta 1 sendok makan madu murni. Campur semuanya dan tunggu sampai mendidih hingga air telah berubah warna. Konsumsilah air rebusan daun salam di pagi hari saat perut masih kosong.

 

4.       Mencegah Batu Ginjal

Ternyata daun salam dipercaya dapat mencegah munculnya batu ginjal. Ekstrak yang terkandung dalam daun salam ternyata mampu mengurangi urease dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jjuka berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah batu ginjal.

 

5.       Menyehatkan Mata

Daun salam ternyata dapat menyehatkan mata, contohnya pada saat kamu memasak dan daun salam sebagai tambahan bumbu masakan ternyata dapat menyehatkan mata. Selain  menambah rasa masakan lebih enak, daun salam juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata kamu.

 

6.       Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun salam dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan dan mual. Rebus daun salam dengan menambahkan lemon dan gula untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

7.       Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daun salam memiliki kandungan flavonoid seperti salisilat, fitonutrien, dan asam caffeic. Kandungan zat-zat tersebut dapat membantu mencegah stroke serta meningkatkan kesehatan jantung.

 

8.       Mengobati Flu & Batuk

Dengan mengomsumsi air rebusan dan menghirup uap daun salam dapat membantu menyembuhkan flu & batuk.

 

9.       Mengurangi Nyeri

Minyak yang dihasilkan dari daun salam ini dapat digunakan untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh keseleo, tegang otot, arthritis, rematik, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya sifat antiperadangan di dalamnya.

 

10.   Mengontrol Diabetes

Dalam daun salam terdapat kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu proses produksi insulin. Insulin pada tubuh berperan mengatur kadar gula darah. Sehingga dengan mengonsumsi daun salam dengan rutin mampu mengontrol diabetes.

 

11.   Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat dalam kandungan daun salam dapat membantu mencegah kanke. Antioksidan mampu membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin akan membantu mencegah berkembangnya sel kanker.

 

12.   Memutihkan Gigi

Caranya yaitu, dengan mengambil 6 lembar daun salam, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, hancurkan daun dan campurkan dengan bubuk jeruk lemon. Gunakan ramuan tersebut dengan menggunakan sikat gigi dan godoklah gigi seperti biasa.

 

13.   Mempercepat Penyembuhan Luka

Caranya tumbuk daun salam dan oleskan pada luka atau bekas luka. Sifat antibakteri dan antimikroba yang dimiliki daun salam dipercaya dapat membantu mengobati luka dan bekas luka.

 

14.    Menjaga Kesehatan Rambut

Caranya yaitu, panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Kamu dapat menghangatkannya dan gunakan hot oil tersebut pada kepala untuk memijatnya. Gunakan hot oil ini setiap 2 kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

 

15.   Meredakan Stress

Daun salam memiliki kandungan linalool yang dapat membantu menurunkan kinerja hormon stress. Kamu dapat menggunakan daun salam kering yang dapat kamu seduh menjadi teh. Hiruplah aroma teh tersebut saat kamu merasa panik, gelisah, ataupun disaat lelah.

 

 

Itulah beberapa khasiat yang terkandung di dalam daun salam yang mungkin dapat kamu coba atau rasakan setelah mencobanya.

 

Sumber : m.detik.com

 

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar