Logo Eventkampus

Lima manfaat kulit buah manggis bagi kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Lima manfaat kulit buah manggis bagi kesehatan


Buah Manggis
 merupakan salah satu jenis buah – buahan local yang cukup digemari oleh segala kalangan masyarakat Indonesia. Manggis memiliki bentuk buah yang bulat, biasanya berwarna hitam keunguan, atau hitam kecoklatan untuk buah yang sudah matang. Pohon manggis biasanya dapat tumbuh besar dan rimbun, dengan buahnya yang berkumpul dan banyak.

 

Isi dari buah manggis ini biasanya terdiri dari 3 – 6 buah, dengan rasa yang manis – manis asam. Manggis sendiri ternyata memiliki banyak manfaat. Selain daging buahnya yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, bagian lain dari buah manggis pun dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah kulit manggis.

Berikut ini beberapa manfaat dari kulit manggis yang perlu kamu ketahui.

1.    Mencegah penyakit jantung

Yang satu ini merupakan manfaat kulit manggis yang paling dicari dan paling berkhasiat bagi tubuh. Dalam kandungan kulitnya, manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, kulit buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

 

2.    Menurunkan kadar gula darah

Kemampuan menurunkan gula darah dari kulit manggis ini berasal dari asam tannic. Senyawa tersebut juga terdapat pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC). Nah, OPC ini banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji, bunga dan serat kulit kayu. Selain baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui berlimpah zat antioksidan. OPC tersebut mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti lergi dan vasodilatasi.

 

3.    Mencegah kerusakan DNA dalam tubuh

Kulit manggis ternyata mampu untuk mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh. Selain mampu mencegah kerusakan DNA kulit manggis juga dapat mencegah kerusakan sel sel serta jaringan pada dalam tubuh.

 

4.    Baik untuk para penderita diabetes

Kulit manggis ternyata juga memiliki manfaat sebagai pencegah terjadinya resistensi terhadap nsulin. Hal ini merupakan salah satu manfaat yang sangat baik dari kulit manggis, terutama bagi mereka yang menderita diabetes yang disebabkan oleh resistensi insulin.

 

5.    Mencegah dari serangan jantung

Bagi kamu penderita penyakit jantung, ternyat salah satu manfaat kulit manggis sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, dan secara tidak langsung dapat mencegah munculnya serangan jantung dan penyakit jantung coroner, yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan kamu.

 

 

Itulah lima manfaat kulit manggis bagi kesehatan, mungkin masih banyak lagi manfaat kulit manggis dari info atau artikel lainnya.

Terimakasih.

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar