Logo Eventkampus

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Srikaya adalah buah yang berasal dari keluarga Annona dengan nama ilmiah Annona Squamosa L. Buah ini dikenal dengan sebutan sugar apple di kalangan dunia Internasional karena rasanya sangat manis. Tanaman ini bukan tanaman asli Indonesia tetapi srikaya banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah ini sering dimanfaatkan untuk behan pelengkap kue atau roti karena rasanya manis.

Meskipun harganya murah, tetapi buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini mujarab jika dikonsumsi Ibu hamil, karena dapat mengurangi morning sickness, membantu pencernaan, membangun syaraf janin, dan masih banyak lagi. Buah srikaya juga bermanfaat untuk mencegah kanker, mengobati peradangan, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut manfaat buah srikaya secara detail:

1.   Mengurangi morning sickness

Kandungan vitamin B6 yang sangat baik pada srikaya membantu ibu hamil mencegah morning sickness atau mual selama kehamilan.

2.   Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah srikaya selaanjutnya ialah dapat menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). Kadar kolesterol jahat ini akan secara berangsur menurun di dalam darah anda. Jika tidak segera di cegah, kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit jantung.

3.   Membantu pencernaan

Dalam 100 gr buah srikaya mengandungg 28 mg vitamin C yang dapat membantu proses pencernaan Ibu hamil seperti memudahkan buang air besar, menurunkan kemungkinan sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

4.   Mengatasi penyakit disentri akut dan diare

Manfaat srikaya selanjutnya ialah dapat mengatasi penyakit disentri akut dan diare. Ini karena kandungan kimia dan zat gizi dalam buah srikaya bisa memperbaiki kondisi pencernaan.

5.   Mencegah penyakit asma

Beberapa kandungan kimia pada buah srikaya dapat melegakan pernafasan. Maka dari itu, buah srikaya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma.

6.   Menguatkan tulang dan mengurangi nyeri

Dalam 100 gr buah srikaya mengandung kalsium sebesar 127 mg yang dapat membantu penguatan tulang ibu hamil dan dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tulang. Bahkan, srikaya dapat  membantu dalam perkembangan kulit yang sehat, tendon, dan pembuluh darah janin.

7.   Membangun saraf janin

Srikaya mengandung karoten yang tinggi dan penting untuk perkembangan janin. Konsumsi srikaya secara teratur saat hamil bermanfaat untuk mambangun saraf janin, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

8.   Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Srikaya mengandung berbagai senyawa asetogenin seperti skuamostanin, annotemoyin-1 dan glukopiranosid kolesteril. Senyawa-senyawa yang tergolong ke dalam asetogenin memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tersebut akan mati. Buah srikaya juga mengandung antioksidan yang cukup banyak yang dapat menangkal berbagai radikal bebas yang bersifat karsinogenik (memicu kanker).

9.   Mengobati masalah hipertensi

Buah srikaya mengandung antiksidan fenol yang bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

    10.Anti peradangan

Selain efek anti-inflamasi atau anti peradangan, srikaya juga dikenal karena efek analgesik atau mengatasi nyeri.

Manfaat buah srikaya lainnya ialah:

1.   Mengobati masalah kulit.

2.   Mengatasi penyakit diabetes.

3.   Mencegah flu dan batuk.

4.   Mengobati demam.

5.   Anti depresi.


Di dalam 100 gr buah srikaya mengandung 1,70 mg protein; 0,60 mg lemak; 25,20 mg karbohidrat; 27,00 mg kalsium; 20,00 mg fosfor; 0,80 mg zat besi; 0,08 mg vitamin B1; dan 22,00 mg vitamin C.

Demikian khasiat buah srikaya untuk kesehatan. Anda dapat merasakan khasiat buah srikaya jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang cukup. 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar