Logo Eventkampus

Manfaat kemiri untuk kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat kemiri untuk kesehatan

Manfaat kemiri untuk kesehatan

Kemiri memang dikenal sebagai salah satu penyedap makanan yang sering digunakan pada masakan Asia. Kandungan minyak yang tinggi pada biji kemiri membuatnya cocok mengentalkan makanan sekaligus melezatkannya. Kemiri yang juga dikenal dengan Aleurites Moluccanus atau dalam bahasa Inggris disebut candlenut tumbuh sebagian besar di daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, Queensland serta beberapa bagian Australia.

 Selain digunakan sebagai campuran masakan, olahan biji kemiri ternyata memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh. Minyak kemiri sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Selain itu, ada berbagai manfaat kemiri bagi tubuh yang dapat ditemui. Dengan begitu, manfaat kemiri tak hanya sekadar pelengkap pada penyedap masakan. Namun, perlu diketahui, jika tidak diolah dengan benar kemiri dapat menjadi racun hingga menimbulkan gangguan pada lambung. Apa lagi jika kemiri dikonsumsi dalam keadaan mentah. Maka dari itu, untuk dapat menikmati manfaat kemiri dengan baik Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Anda dapat mengolahnya dengan dibakar, disangrai, diambil minyaknya atau digunakan sebagai bumbu makanan. Berikut ini beberapa manfaat dari Kemiri bagi tubuh:

       1.       Dapat menurunkan berat badan yang berlebihan

kemiri bermanfaat membantu menurunkan berat badan yang berlebih, hal ini berkat kandungan protein yang terkandung dalamnya. Protein sendiri salah satu kerjanya membakar kalori dalam tubuh.

 

       2.       Mengatasi insomnia

Insomnia atau gejala susah tidur akan menjadi masalah serius ketika tidak ditangani secara cepat dan serius. Biasanya amnesia disebabkan karena banyak hal yang dipikirkan atau bahkan karena depresi. Kandungan melatonin pada kemiri bermanfaat untuk membuat tidur menjadi nyenyak dan rileks. 

 

      3.       Dapat mengatasi masalah diare dan disentri

Kemiri mengandung serat yang berkhasiat untuk menangani masalah pencernaan seperti diare.

 

      4.       Membantu menjaga kesehatan tulang

Permasalahan pada tulang pasti pernah dialami siapapun, apalagi ketika usia makin menua. Ternyata kemiri memiliki manfaat untuk kesehatan tulang seperti rematik, osteoporosis dllKarena kemiri mengandung senyawa fosfor yang bermanfaat untuk menutrisi dan menjaga tulang tetap sehat.

   

      5.       Berkhasiat menangani masalah pada jantung

Jantung memiliki tugas vital dalam tubuh, ialah memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Kandungan potasium dan magnesium pada kemiri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Darah tinggi pun menjadi sumber penyakit seperti stroke.

 

       6.       Meringankan infeksi jamur

Ada beberapa gangguan kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti panu atau kurap. Infeksi jamur pada kulit mungkin tidak berbahaya, tetapi itu akan membuat penderita tidak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk meredakannya, Anda dapat mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah beberapa manfaat dari buah kemiri yang bisa kamu dapatkan. Dari bumbu dapur yang sekecil kemiri saja kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

 

 

Sumber: https://www.idntimes.com/health/fitness/ineu-nursetiawati/manfaat-kemiri-exp-c1c2/full

https://hot.liputan6.com/read/3926213/7-manfaat-kemiri-bagi-kesehatan-tubuh-bukan-cuma-sekadar-bumbu-dapur

 

 

 

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar