Logo Eventkampus

Ternyata Lumut memiliki manfaat hlooo,

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ternyata Lumut memiliki manfaat hlooo,

Lumut merupakan tingkat struktural yang paling sederhana di antara semua tanaman darat. Lumut hanya dapat ditemukan di tempat yang lembab. Hal ini dikarenakan ketergantungan lumut yang masih sangat tinggi terhadap air, karena air ini memiliki peran penting dalam reproduksi lumut itu sendiri. Pada tumbuhan lumut kita mengenal adanya pergiliran keturunan (metagenesis), yaitu antara keturunan yang bersifat haploid biasa disebut keturunan gametofit (tumbuhan yang menghasilkan gamet), sedangkan yang diploid disebut sporofit (tumbuhan yang menghasilkan spora).

Tumbuhan ini memiliki peranan penting dalam ekosistem. Tumbuhan ini memiliki peranan dalam menyediakan oksigen untuk tumbuhan lain, mengingat tumbuhan lumut memiliki sifat sel yang menyerupai spons untuk menyerap air. Tumbuhan ini selalu menjadi perintis untuk tumbuh di tempat yang tidak disukai tanaman pada umumnya.

Tumbuhan lumut bisa kita jumpai di tempat-tempat lembab. Lumut yang halus dan juga licin kadang membuat kita terpeleset saat menginjaknya. Namun tahukah Anda bahwa tumbuhan ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita.

Berikut manfaat yang didapat dengan adanya tumbuhan kecil ini :

1. Mengobati luka bakar dan luka luar

Kamu pernah mengalami luka bakar atau luka luar akibat terjatuh atau tergores benda tajam? Bagi orang china dahulu ketika mengalami hal serupa, mereka menggunakan lumut untuk mengatasinya.

Kini dunia medis menciptakannya lebih steril, sifat antiseptik pada lumut jenis canocphalum di gunakan untuk mengatasi obat luka bakar dan luka luar.

2. Mengatasi bisa ular

Lumut dapat menghilangkan racun yang ditimbulkan sang mampu ular yang menggigit kita. Lumut yang dipergunakan artinya lumut jenis marchantia polymorpha.

3. Untuk obat hepatitis

Tidak hanya bagi mata, penyakit yang menyerang hati seperti hepatitis juga bisa diobati dengan obat yang tebuat dari lumut jenis marchantia polymorpha.

4. Sebagai obat antiseptik

Lumut juga di gunakan sebagai zat antiseptik yang membantu membunuh kuman-kuman. Zat antiseptik sering jumpai dalam pembuatan sabun-sabun kesehatan dan juga obat kumur pembersih mulut. Untuk membuat zat antiseptik di butuhkan lumut berjenis frullania tamaricis.

5. Zat anti kanker

Sifat antibakteri di lumut pada percaya juga sebagai anti sel-sel kanker. Pertumbuhan sel kanker pada dalam tubuh bisa dicegah dengan obat yg terbuat dari lumut.

6. Bahan pembuatan obat mata

Lumut mempunyai sifat yang baik yaitu bisa dijadikan menjadi antibakteri. Sifat inilah yg digunakan sang global medis buat mengobati beberapa penyakit mata.


Kegunaan tanaman lumut bagi lingkungan ialah:


1. Mensuplai oksigen

Lumut juga bagian berasal tanaman yang mempunyai zat hijau. Layaknya tanaman lain, lumut pula melakukan fotosintesis. hasil dari fotosintesis ini galat satunya adalah menghasilakan manfaat oksigen bagi insan.

2. Mengurangi bahaya banjir

Lumut berperan dalam mencegah mala banjir, karena air hujan yang turun diserap menggunakan baik sang tanaman lumut.

3. Menunda erosi tanah

Abrasi tanah jua bisa di tangkal dengan kehadiran lumut. Sifat penyerap air menggunakan baik yg dimiliki lumut membantu tanah terjaga kepadatannya serta tidak mudah mengalami erosi.





Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar