Logo Eventkampus

Industri Material Kehutanan Masa Depan Perlu Diperkuat

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Industri Material Kehutanan Masa Depan Perlu Diperkuat

Industri material kehutanan yang berorientasi pada material masa depan perlu diperkuat. Penguatan dapat dilakukan dengan eksplorasi dan diversifikasi produk dan jasa hasil hutan.

Hal tersebut mengemuka dalam Seminar Nasional Research Update Fakultas Kehutanan UGM yang digelar Kamis (17/10) di kampus setempat. Acara mengangkat tema Penguatan Material Industri Kehutanan Masa Depan.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan peneliti, akademisi, serta praktisi dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam acara itu juga dipaparkan hasil penelitian terkini bidang kehutanan yang meliputi 49 paper dan 30 poster.

Dr. Agr. Sc. Ragil Widyorini, S.T., M.T., salah satu panitia kegiatan, menyampaikan kegiatan Research Update ini diselenggarakan sebagai ajang diskusi antara berbagai pemangku kepentingan terkait. Disamping itu, juga menjadi sarana diseminasi hasil penelitian terkini dalam bidang kehutanan.

"Acara ini sebagai wadah diseminasi hasil penelitian dan pengabdian terkini kehutanan serta untuk memperkuat kesepakatan dan hubungan praktisi, akademisi, peneliti dalam kerja sama penelitian, pengabdian dan lainnya untuk mendukung kejayaan kehutanan Indonesia,"paparnya.

Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat mendukung penguatan industri material kehutanan masa depan. Sebab, produk hasil hutan masa depan dituntut berfungsi secara komersial dalam jangka panjang. Selain itu, dari bahan baku yang dapat diperbaharui, konsumsi waktu dan energi produksi yang minimum, rendah energi, dan tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Inovasi dan aplikasi teknologi, disebutkan Ragil, dibutuhkan untuk menghasilkan produk akhir tepat guna di skala industri. Eksplorasi dan peluang diversifikasi hasil hutan baik kayu dan non kayu terutama material untuk industri kehutanan dan bisnis kehutanan berbasis ekowisata merupakan inovasi yang patut dilakukan. (Humas UGM/Ika)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18592-industri-material-kehutanan-masa-depan-perlu-diperkuat

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Fakultas Peternakan UGM Kembangkan Suplemen Pakan Ramah Lingkungan
08 Oktober 2019
Farmasi UGM Ajak Siswa SMA Budayakan Minum Jamu
12 Oktober 2019
Silat UGM Raih 8 Medali di Bekasi Open Challenge 2019
12 Oktober 2019
UGM Borong 6 Medali dari Ajang Internasional WINTEX 2019
15 Oktober 2019
No Hama Raih Medali di World Invention Technology Expo
15 Oktober 2019
Pentingnya Hutan Sebagai Penyangga Kehidupan
20 Oktober 2019

Komentar