Logo Eventkampus

UGM Ajak Sivitas Akademika Jaga Pola Hidup Sehat

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UGM Ajak Sivitas Akademika Jaga Pola Hidup Sehat

Pimpinan Universitas Gadjah Mada mulai tahun ini mencanangkan kampus sebagai pusat promosi kesehatan. Tujuan program yang dinamakan Health Promoting University (HPU) ini diharapkan bisa memfasilitasi kebijakan dan perencanaan promosi kesehatan di kampus, mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, mendukung perkembangan personal dan sosial yang sehat serta mengembangkan layanan kesehatan primer.

Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., PhD., mengatakan pencanangan program ini berangkat dari kegelisahan pimpinan universitas dengan banyaknya dosen yang meninggal di usia 50-an. “Rektorat gelisah, kenapa dosen usia 50-an banyak yang meninggal. Padahal, biasanya di usia itu para dosen sedang di puncaknya, sudah bergelar doktor dan guru besar, kita butuh sumber daya dan saat puncaknya tidak bisa berkarya karena tidak sehat,” kata Ova dalam seminar nasional health promoting university, yang bertajuk Menciptakan Universitas Sebagai Pusat Kesehatan dan Kesejahteraan, Jumat (18/10) di University Club UGM.

Melalui pencanangan HPU ini, kata Ova, diharapkan UGM bisa mendorong lingkungan kehidupan kampus yang sehat dan kondusif dengan mengajak sivitas akademika untuk giat berolahraga, menjaga perilaku hidup sehat serta menjauhi rokok, alkohol dan narkoba.

Menurut Ova, setiap orang penting untuk memperhatikan kesehatannya masing-masing. Sebab, apabila ia mampu menjaga kesehatan tubuhnya maka ia dianggap mampu bersikap profesional terhadap dirinya sendiri. “Harus profesional terhadap dirinya sendiri. Jika tidak maka tidak akan profesional pada orang lain begitu pun dalam menjalankan tugas. Oleh karena itu, kesehatan komunitas harus lebih baik,” katanya.

Pakar kesehatan FKKMK UGM, Dr. dr. Denny Agustiningsih, mengatakan untuk menjaga fisik dan mental tetap sehat dengan cara menjaga kondisi kebugaran tubuh melalui aktivitas fisik dan olahraga rutin. Menurutnya, orang yang memiliki tingkat kebugaran tinggi maka risiko terkena penyakit kronis akan rendah. “Selain itu, kebugaran yang tinggi menyebabkan tingkat depresi dan kecemasan jadi rendah. Lalu, produktivitas kerja pasti akan meningkat, bisa bekerja secara efektif dan efisien, serta mampu berpikir cepat dalam mencari solusi,” katanya.

Salah satu indikator untuk menunjang tingkat kebugaran adalah menjaga ukuran berat badan dengan menjaga pola makan secara teratur. “Dengan cara aktivitas fisik minimal sekitar 150 menit per minggu, ditambah olahraga teratur dan berulang-ulang,” katanya.

Pakar kuliner sehat dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM Prof Endang Rahayu mengatakan untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan banyak mengonsumi makanan sehat seperti makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran dan mengandung gizi seimbang. “Kita harus memperhatikan makanan yang akan dimakan,” katanya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18607-ugm-ajak-sivitas-akademika-jaga-pola-hidup-sehat

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim Bimasakti Siapkan Mobil untuk Tahun 2020
08 Oktober 2019
UGM Kenalkan Teknologi Energi Terbarukan kepada Guru SMK di DIY
08 Oktober 2019
Pemerintah Diminta Dorong Pengembangan Kendaran Listrik
11 Oktober 2019
Tim Bimasakti Siapkan Mobil untuk Tahun 2020
11 Oktober 2019
Fapet UGM Kembangkan Aplikasi Recording Ternak Online
12 Oktober 2019
Menguak Keragaman Pisang Liar di Sulawesi
16 Oktober 2019

Komentar