Logo Eventkampus

Kali Pertama, IAC Turut Gelar Pengamatan Bulan Internasional

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kali Pertama, IAC Turut Gelar Pengamatan Bulan Internasional

Malam Observasi Bulan Internasional yang diadakan setiap tahun ini diinisiasi oleh The National Aeronautics and Space Administration (NASA) sejak tahun 2010. Tujuan adanya pengamatan Bulan ini umumnya adalah mengajak masyarakat untuk lebih memahami segala hal berkaitan dengan Bulan sebagai satelit alam bumi. “Namun, kali ini cukup spesial karena juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun manusia pertama yang berhasil mendarat di Bulan,” ungkap Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAC, Dliyaul Mushtafa.

Pengamatan Bulan ini serempak dilakukan di seluruh penjuru dunia. Biasanya dilaksanakan di antara bulan September-Oktober. Bulan tersebut dipilih karena bertepatan dengan fase Bulan yang memasuki fase separuh atau sabit. Fase tersebut merupakan fase terbaik untuk mengamati fitur-fitur yang ada pada permukaan Bulan. “Tahun ini pengamatan Bulan internasional tepat jatuh pada tanggal 12 Oktober”, timpalnya.

Mahasiswa Departemen Fisika ITS tersebut pun menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu wadah bagi mahasiswa atau pun para astronom amatir ITS untuk meningkatkan pengetahuan mereka terhadap satelit alam bumi. Dengan mengandalkan teleskop seharga 70 juta, peserta bisa  secara bergantian mengamati Bulan yang ada.

Disamping itu, Dliyal juga menjelaskan bahwa IAC bekerja sama secara daring dengan NASA dalam melakukan pengamatan Bulan tersebut. “NASA memberikan materi berbentuk hangout yang ditujukan untuk seluruh klub astronomi dunia,” katanya.

IAC, lanjutnya, juga turut mengundang juara Olimpiade Astronomi Nasional dan dosen ITS yang memiliki kepakaran di bidang astronomi. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan dasar astronomi kepada mahasiswa ITS sebelum pengamatan dilakukan. “Mahasiswa ITS bisa memiliki bekal dasar sebelum akhirnya terjun langsung di lapangan,” ujarnya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2017 tersebut mengharapkan supaya pengamatan berskala internasional tersebut bisa terlaksana setiap tahunnya dan terbuka bagi masyarakat umum. “Sehingga, harapannya IAC bisa menjadi salah satu rujukan utama dalam hal astronomi bagi masyarakat umum, khususnya yang tinggal di Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (sof/bel)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/18/kali-pertama-iac-turut-gelar-pengamatan-bulan-internasional/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

ITS Sukses Borong Empat Medali WINTEX 2019
15 Oktober 2019
Barunastra ITS Kembali Raih Juara pada KKCTBN 2019
15 Oktober 2019
Mahasiswa ITS Olah Limbah Menjadi Filamen 3D Printing
16 Oktober 2019
Baru Terbentuk, Tim Banyubramanta ITS Raih Special Award
16 Oktober 2019
Mengabdi pada Masyarakat Lewat Gerakan Mengajar
20 Oktober 2019
Mahasiswa ITS Sukses Juarai Kompetisi Analisis Data
20 Oktober 2019

Komentar