Logo Eventkampus

ITS Sabet Juara Kompetisi Statistik Nasional

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
ITS Sabet Juara Kompetisi Statistik Nasional
Ratnadila (kiri) dan Zamroni (kanan) usai pengumuman pemenang dalam National Statistics Challenge 2019

Menjadi pengalaman pertama, Ratnanda Bersama Zamroni mengangkat tema Teknologi dengan Topik Era Digital di Indonesia dalam Angka. Dari Infografis yang dibuat, mereka menyajikan informasi fakta-fakta melalui data iklim digitalisasi di Indonesia yang sesungguhnya. 

Menurut Ratnanda, infografis sendiri adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Di dalamnya memuat informasi rumit dengan singkat dan jelas, seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. “Lomba ini menjadi tantangan awal kami untuk menerjemahkan istilah-istilah statistika yang tidak umum menjadi dapat dipahami khalayak umum,” ujar wanita kelahiran 1999 tersebut.

Mahasiswi Statistika 2017 ini mengaku telah melalui pengamatan mendalam tentang substansi materi dari infografis yang akan dibawakan. Literasi dan membaca-baca dari banyak sumber menjadi pilihan bagi tim ratnanda untuk mencari informasi. Berbagai persiapan yang telah dilakukan itu guna mengatasi masalah dan kesulitan yang muncul  seperti menyelaraskan informasi yang bermacam-macam hingga mencari data sesuai topik.

Perjuangan masih terus berlanjut. Melalui serangkaian seleksi yang ada, tim ini berhasil menuju grand final bersama Universitas Brawijaya (UB) dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS). Penilaian presentasi poster yang sengit pun berhasil dilewati. Alhasil, mereka keluar sebagai juara pertama. “Selain poster yang memang menarik, cara presentasi kami juga menonjol,” ungkapnya.

Selain gelar juara satu, Ratnanda mengaku mendapat pengalaman yang jauh lebih berharga. Meningkatnya soft skill dan rasa bahagia dapat mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari, hingga rasa bangga membawa nama ITS membuat mereka ketagihan untuk mengikuti lomba-lomba bergengsi. “Banyak keuntungan yang kami rasakan, menjadi lebih peka , menambah ketajaman analisis dan yang lebih bersyukur bisa mengharumkan nama ITS di kancah nasional,” pungkas mahasiswa Departemen Statistika tersebut. (ion26/hen)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/26/its-sabet-juara-kompetisi-statistik-nasional/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Cegah Defisit Neraca Gas, Mahasiswa ITS Sabet Juara
15 November 2019
Rancang Bisnis untuk Kurangi Sampah Plastik
08 Desember 2019
Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasiswa ITS Gagas Teknologi Co-Saber
05 Oktober 2020
Teliti Keberlanjutan Ekologis Kawasan Mangrove Gunung Anyar dengan R Software
26 Oktober 2020
Kolaborasi ITS dan Kemenkominfo Menyongsong Revolusi Industri 4.0
08 Maret 2021
ITS GE Bagikan Tips untuk Mahasiswa Internasional Pascasarjana
31 Maret 2021

Komentar