Logo Eventkampus

Persiapkan Dunia Kerja dengan CV Training Class

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Persiapkan Dunia Kerja dengan CV Training Class

Rustini Hendra Wardani S Psi, membeberkan pentingnya CV bagi pelamar kerja. Menurutnya, selain dapat memberikan fakta latar belakang seseorang, CV juga dapat menunjukkan kualifikasi yang dimiliki hingga tujuan karir yang diinginkan. “CV dapat menjadi penentu seseorang layak atau tidak memangku jabatan yang dilamar” ujarnya.

Wanita yang menjabat sebagai Seksi Konseling & Kewirausahaan pada bagian Pengembangan Keilmuan dan Kompetensi Mahasiswa (PK2M) ITS ini mengungkapkan, dalam menulis CV diperlukan kejujuran dan pengenalan diri yang baik. Mengingat CV juga berguna sebagai self branding, wanita berkacamata itu pun membagikan kiat untuk mengenali diri masing-masing. “Ketahui personalitas mu, ketahui kelemahan serta kelebihan mu, percaya pada diri sendiri, dan promosikan diri,” jelasnya.

Wanita yang mendalami bidang psikologi ini turut mengajak mahasiswa memahami konten dalam CV yang mengalami beberapa perubahan. Melalui presentasi bertajuk CV Jaman Now, ia mengungkapkan bahwa terdapat perombakan sistematika penulisan pada bagian riwayat pendidikan, keahlian, dan desain. Contohnya, dulu orang-orang akan menulis secara runtut riwayat pendidikan sedari taman kanak-kanak hingga jenjang kuliah, namun sekarang yang diperlukan hanyalah pendidikan terakhir saja. “Bahkan, CV sekarang bisa mencantumkan IPK hingga Judul TA” ujarnya.

Lanjut Rustini, seiring perkembangan zaman, CV dengan desain menarik memiliki kualifikasi yang lebih tinggi dalam proses seleksi pekerjaan. “Tidak hanya desain yang menarik, perhatikan juga keruntutan informasi agar enak dibaca” imbuhnya.

Sepakat dengan hal itu, Bagus Baskoro Sakti menekankan, seorang penyeleksi tidak memiliki waktu yang lama untuk membaca isi CV secara menyeluruh. Oleh karenanya, mahasiswa Teknik Industri tersebut melatih para peserta untuk menumbuhkan jiwa kreatifitasnya.  “Mungkin penyeleksi hanya melihat selama enam detik, maka, perlu desain yang eye catching dan unik untuk menarik perhatiannya,” tegasnya. 

Seakan mengamini, ketua BIMITS, Muhammad Amir Jamilludin mengungkapkan, melalui simulasi ini peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang baru didapat. Sebagai motivasi dalam melaksanakan simulasi, panitia turut memberi penghargaan bagi peserta dengan konten dan desain terbaik. “Diharapkan peserta dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat,” pungkas mahasiswa Departemen Fisika ITS angkatan 2016 tersebut. (ai/hen)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/11/17/persiapkan-dunia-kerja-dengan-cv-training-class/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Hakikat Pemuda Indonesia dalam Semangat Sumpah Pemuda
30 Oktober 2019
Teliti Sensor Kimia, Dosen Muda ITS Raih Young Scientist Award
22 November 2019
Mari Lebih Cerdas Memilih Makanan Bergizi
02 Maret 2020
ITS Rancang Lampu LED IUV untuk Sterilisasi Covid-19
29 April 2020
Rancang Pemodelan Konsumsi Energi, Dosen ITS Kantongi Penghargaan
14 Agustus 2020
KKNT ITS Bagikan 400 Masker di Kota Bontang
07 Oktober 2020

Komentar