Logo Eventkampus

Hakikat Pemuda Indonesia dalam Semangat Sumpah Pemuda

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Hakikat Pemuda Indonesia dalam Semangat Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda, ikrar sakral para pemuda dari berbagai penjuru Indonesia yang telah diucapkan pada Kongres Pemuda II tahun 1928. Menjadi salah satu tonggak dalam pergerakan Indonesia menuju kemerdekaan. Dari sumpah pemuda pula, membuktikan bahwa tanah air kita yang terdiri dari beragam suku bangsa ini ternyata dapat bersatu. Serta mempunyai satu visi yang sama, yakni kemerdekaan Indonesia.

Dari banyak peristiwa sejarah bangsa ini, menjadi tak berlebihan jika pemuda akhirnya dinobatkan sebagai nahkoda dari pergerakan Indonesia. Pemudalah pelopor dalam terwujudnya Tri Tuntutan Rakyat (Tritura) 1966, yang saat itu menentang orde lama yang sudah tercemari ideologi selain Pancasila. Pemuda juga menjadi garda terdepan dalam usaha mengakhiri orde baru yang dinilai penuh intrik kotor dalam politik.

Semangat sumpah pemuda tidak hanya sebatas ikrar dalam kebangsaan, namun lebih kepada tanggung jawab untuk berkontribusi pada ibu pertiwi. Menjadikan Indonesia sebagai identitas kebanggaan, sekaligus siap berkorban tenaga demi semakin bergaungnya Indonesia di mata dunia.

Sungguh miris sejatinya melihat pemuda masa kini, yang begitu mudah terprovokasi. Menelan secara mentah informasi dibalik segala kemudahan akses yang diberikan. Mendorongnya saling meninggikan ego masing-masing demi kepentingan pribadi. Hingga terkesan acuh terhadap masa depan bangsa, asal kemenangan diri sendiri senantiasa terwujud.

Pemuda tetaplah pemuda. Mudah digoyahkan semangatnya, mudah dibelokkan pemikirannya, tapi akan selalu terdepan dalam membela bangsanya. Menjadi pemuda Indonesia saat ini memang bukan lagi bicara soal adu senjata. Tidak lagi berhadapan dengan konfrontasi atau peperangan.

Lebih dari itu, dewasa ini para pemuda haruslah kokoh pendirian akan idealismenya di balik kemudahan duniawai yang didapat. Tetap berpegang teguh bahwa masa depan Indonesia haruslah dibentuk mulai saat ini lewat pemudanya. Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, satu pemuda dapat mengubah dunia.

 

Sumpah Pemuda

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

Ditulis oleh:
Septian Chandra Susanto
Mahasiswa S-1 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota
Reporter ITS Online


Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/28/hakikat-pemuda-indonesia-dalam-semangat-sumpah-pemuda/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Kembangkan Strategi Marketing Retail, Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Bisnis
24 Oktober 2019
ITS Sabet Juara Kompetisi Statistik Nasional
28 Oktober 2019
ITS dan IKA ITS Serius Garap Energi Baru Terbarukan di Indonesia
15 November 2019
Tim Mahasiswa ITS Sabet Dua Juara Sekaligus di Rusia
27 November 2019
Tari Larung Sajen Bawa UKTK Juara Art Festival Competition
13 Desember 2019
Manfaat dan Bahaya Bilik Sterilisasi Menurut Dosen ITS
30 Maret 2020

Komentar