Menjadi Pribadi Yang Baru Di #HariPertamaSekolah

access_time | label Tips & Trik
Menjadi Pribadi Yang Baru Di #HariPertamaSekolah

Kita bisa menjadi seseorang yang terkesan sangat berbeda pada hari pertama sekolah. Lebih rapi dalam berpakaian, lebih sopan saat berbicara, lebih senang bergaul, lebih sering menghabiskan waktu di perpustakaan, lebih wangi sehingga selalu tampak segar, lebih banyak berfikir dulu sebelum bertindak dan lain sebagainya. Banyak sekali hal-hal positif yang dapat membuat kita kembali bergairah untuk memulai kembali hari-hari pertama sekolah. Tidak ingin terlalu banyak membuang waktu lagi, apalagi disaat hari kelulusan sudah semakin dekat. 


Ada beberapa orang yang terkadang masih ragu untuk memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang tak pernah mereka lakukan sebelumnya, suatu perubahan ke arah yang tentu lebih baik. Dibawah ini adalah 5 langkah untuk "berubah" dalam rangka "tidak ada penyesalan di kemudian hari".

1. Pilih Satu Kutipan
Orang-orang terkenal pergi, meninggalkan satu perkataan mereka yang akan terus diingat oleh khalayak yang mengenalnya. Begitu kuatnya sebuah kutipan atau satu kalimat yang dapat memotivasimu bekerja lebih keras lagi pada suatu hal, mengesampingkan ego untuk ingin menyerah saja. Seperti kutipan yang selalu saya pegang untuk diri saya: 

"Satu-satunya hal yang perlu kita takuti adalah rasa takut itu sendiri." dari Franklin D. Roosevelt.

2. Organize Things
Memulai kembali berarti menjadi segar kembali. Segala sesuatu yang membuatnya tidak segar perlu disingkirkan. Seperti layaknya ponsel, semakin sering dipakai akan semakin banyak sampah-sampah yang tentu tidak berguna, dan hanya memperlambat loading. Atau kamar tidur yang selama liburan tidak pernah sempat dilirik untuk dibersihkan, mulailah untuk mengatur ulang segala sesuatu yang perlu dan membuang yang tidak perlu. Simpanlah yang sekiranya akan kamu butuhkan di satu tahun ke depan, sisanya dibuang saja. 

3. Membuat Daftar Janji Vs Hukuman
Saat kita membuat sebuah janji, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menepatinya dan siap menerima hukuman jika janji itu pada akhirnya tidak terlaksana.  Ini akan membuat kita menjadi pribadi yang disiplin dan taat aturan. Tidak hanya itu, tentu tidak hanya itu. Karena akan ada banyak keuntungan saat kita berhasil menepati janji-janji yang telah kita buat.
 Contohnya, kita berjanji untuk mematikan ponsel pada saat waktu belajar, dan hukuman yang setimpal apabila kita tetap menyalakan handphone, misalnya di hari berikutnya kita dilarang untuk memegang ponsel sama sekali selama sehari. Selalu ingatlah setiap segala sesuatu memiliki harga untuk dibayar. 

4. H-2 Preparing!
Isitilah practice makes perfect memang selalu benar. Sedia payung sebelum hujan juga memang betul. Apapun yang telah kita persiapkan sejak awal atau sejak jauh-jauh hari, akan memudahkan kita dalam menyelesaikan segala macam tugas di hari-hari berikutnya. Ayo berkemas!

5. H-1 Get Enough Sleep!
Menurut National Sleep Foundation (NSF) tidur yang cukup adalah indikator vital kesehatan secara keseluruhan dan kesejahteraan. Kita menghabiskan sepertiga waktu hidup kita untuk tidur. Bayangkanlah kesegaran yang akan selalu kamu dapatkan ketika kamu terbangun di keesokan paginya. Tidur cukup membawa kesehatan, membawa kesegaran, membawa kebahagiaan. Ayo mulailah #HariPertamaSekolah kamu dengan mood yang baik, karena itu adalah yang terpenting dari semua. 

Penulis

foto Muhamad Anwar Jaelani
Muhamad Anwar Jaelani
AMIK BSI BOGOR
Facebook: facebook.com/anwarzaenal87 Twitter: @anwaarjaelani Instagram: @anwarjaelanl

Artikel Terkait

Share

Komentar