Logo Eventkampus

Manfaat Motivasi untuk Menjalani Kehidupan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Motivasi untuk Menjalani Kehidupan

    Berbicara tentang kehidupan, semua orang memerlukan suatu motivasi untuk menjalani hidupnya sehari-hari. Tanpa adanya motivasi, maka seseorang sulit untuk menemukan gairah dalam melakukan aktivitasnya.

    Apabila seseorang tidak menemukan gairah, ia bakal kesulitan untuk menikmati hidupnya. Sehingga kehidupan yang ia jalani hanya mengalir tanpa motivasi dan tujuan. Dengan demikian, motivasi itu sangat diperlukan untuk menunjang aspek psikologis dalam diri seseorang.

    Berikut terdapat dua manfaat atau fungsi motivasi untuk menjalani kehidupan agar hidup lebih indah dan bergairah.


1. Motivasi Untuk Melakukan Aksi Dalam Kehidupan

Dalam hidup ini, tidak jarang seseorang dihinggapi rasa malas. Apabila rasa malas ini dibiarkan terus menerus, maka bakal membuat rugi. Karena seseorang akan malas melakukan aktifitas apapun, sehingga kehidupan menjadi sama sekali tidak produktif.

Pada saat sadar jika rasa malas tersebut hadir, kamu harus berupaya sekuat mungkin untuk bangkit dan memulai melakukan aksi. Kamu harus mengingat kembali tujuan hidupmu, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan demikian, hal itu membuat kamu kembali termotivasi untuk melawan rasa malas itu dengan melakukan aksi.


2. Motivasi Untuk Mendukung Perbuatan

Motivasi memiliki peran yang vital untuk mendorong seseorang dalam melakukan suatu perbuatan. Tanpa adanya motivasi, maka seseorang bisa jadi tidak akan melakukan suatu tindakan dalam kehidupan yang ia miliki.


3. Bukan Sekedar Kumpulan Kata-kata Bijak

Motivasi diperlukan oleh semua kalangan di berbagai jenjang usia. Baik itu orang dewasa atau anak-anak. Pada dasarnya, motivasi merupakan dorongan psikologis kepada seseorang untuk melakukan suatu tindakan. 

Motivasi dibagi dalam 2 jenis, yaitu motivasi intrinsik atau orientasi internal dan motivasi ekstrinsik.

Motivasi intrinsik atau motivasi orientasi internal adalah ketika seseorang mengeluarkan gairah dalam melakukan suatu tindakan tanpa adanya dorongan dari luar. 

Sementara, motivasi ekstrinsik merupakan reaksi seseorang yang disebabkan dorongan dari luar. Contohnya, ketika seseorang patah hati dan tidak bergairah untuk menjalani kehidupan, kemudian sahabatnya mendorong dirinya untuk bangkit dan melupakan masalahnya. Setelah itu orang yang sedang patah hati tersebut meresponnya. 

Seseorang perlu untuk memberikan motivasi kepada dirinya supaya kehidupan menjadi lebih bergairah. Hal paling mudah untuk mendorong adanya motivasi untuk melakukan aktifitas hidup sehari-hari adalah dengan bangun pagi. Setelah itu melakukan olahraga ringan dan sarapan, sebelum menjalani aktivitas. 

Dengan rutinitas yang positif, maka hidup lebih bergairah.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
GROW AND ACT
05 Juli 2017
Menerima Kekurangan dan Memaafkan Kesalahan
15 Juli 2017
Menjadi Pribadi Yang Baru Di #HariPertamaSekolah
17 Juli 2017
Saling memahami antara anak dan orang tua
03 Agustus 2017
HIDUP ADALAH PERJALANAN YANG HARUS DITEPUH
03 Juli 2018

Komentar