Logo Eventkampus

Makanan Khas Kalimantan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Makanan Khas Kalimantan

Di Indonesia banyak sekali kuliner nusantara mulai dari sabang  sampai merauke. Yang masing – masing kota mungkin memiliki ciri khas makanannya masing – masing. Jadi patut dibanggakan ya indonesia kita ini. Nah, disini kita akan membahas makanan khas dari salah daerah yaitu kalimantan. Yang salah satu makanannya ada kerupuk basah lho!

Dan dibawah ini beberapa makanan khas dari kalimantan, sebagai berikut:

1.      Mie Sagu

Di Kalimantan ada  yang namanya mie sagu, bisa dijumpai di Pontianak. Mie yang terbuat dari sagu. Dengan penyajian mie yang disiram kuah kaldu tertentu.mie ini biasanya dijadikan makanan pendamping atau sarapan masyarakat kalimantan lho!

2.      Bingka

Aja juga kue Bingka, yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan santan. Kue ini teksturnya lembut dan rasanya manis lho!

3.      Mie Kepiting Pontianak

Kalau kamu biasa menyantap mie bersama ayam atau pork, khas Pontianak justru menyandingkannya dengan potongan kepiting dan topping lainnya, seperti kecambah, pangsit goreng, ikan, udang, bakso, dan daging kepiting.

4.      Bubur Pedas

Bubur ini beda dari yang lain karena memiliki rasa pedas yang beda. Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus, yang berisi aneka sayuran. Dengan tambahan ikan goreng teri.

5.      Kerupuk Basah

Kerupuk Basah menyajikan kerupuk tapi tidak bertekstur kering atau garing. Disajikan dengan cara dikukus.

6.      Sotong Pangkong

Sotong Pangkong  adalah cumi  - cumi yang pengolahannya dipukul dengan menggunakan palu agar daging terasa empuk.

7.      Asam Pedas Tempoyak

Asam pedas tempoyak memiliki cita rasa dan aroma yang benar-benar kuat dan sangat pas  banget disandingkan dengan ikan patin dan kuah asam pedasnya lho!

8.      Pengkang

Pengkang adalah salah satu makanan yang bisa dibilang mengenyangkan karena terbuat dari beras ketan. Disajikan dengan olahan  santan dan dibungkus daun pisang.

9.      Kwetiau

Kwetiau adalah makanan khas Tionghoa yang menjadi favorit warga Pontianak. Disajikan dalam bentuk kuah atau goreng.

10.  Nasi Bekepor

Makanan ini biasanya disajikan kepada para raja. Nasi bekepor adalah nasi yang rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan.Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging.

11.  Ayam Cincane

Ayam cincane, namanya yang unik sesuai dengan rasanya. Ayam cincane disajikan di acara  penting masyarakat Samarinda.

12.  Lempok Durian

Makanan satu ini terbuat dari durian, yakni Lempok Durian. Kue yang satu ini andalannya tampilannya hampir sama dengan dodol, dengan cita rasa dan aroma duriannya begitu kuat menyeruak di mulut.

13.  Sate Payau

Makanan ini berbahan dasar dari daging rusa, kemudian dicampur dengan bumbu kacang dan kecap.

14.  Lek Tau Suan

Lek tau suan adalah makanan yang populer di kota Pontianak. Disajikan dengan kuah yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula dan pandan.

Itulah beberapa makanan khas dari kalimantan, yang mungkin wajib kalian coba saat kalian pergi liburan ke kalimantan yaa!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Timus Bakal Jadi Menu Khas Karanganyar
05 Juli 2017
Ada yang tahu makanan apa itu “Serabi” ?
18 Juli 2017
OBAT HERBAL TIPES
29 Maret 2018
Cara Membuat Kue Clorot
16 Januari 2020
Cara Membuat Timus Yang Lezat🤤
20 Februari 2020

Komentar