Logo Eventkampus

Dampak Buruk Makan Tengah Malam

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Dampak Buruk Makan Tengah Malam

Jika memiliki kebiasaan buruk seperti makan pada tengah malam mulai sekarang kita harus menghindarinya. Makan pada tengah malam tidak hanya menambah berat badan, kebiasaan buruk ini juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh lainnya. Makan pada malam hari sangatlah berbeda dengan makan pada siang hari. Makan kalori pada siang hari dapat menambah energi, meningkatkan nafsu makan, dan menjaga kesehatan. Namun apabila  kalori di makan pada malam hari dapat mengakibatkan dampak yang buruk. Berikut merupakan dampak apabila makan pada tengah malam :

1.         Menyimpan lebih banyak lemak

Orang yang makan pada tengah malam memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang makan lebih awal. Makan malam dapat meningkatkan penyimpanan lemak.

2.         Menyebabkan mulas

Tidur setelah makan dapat memicu gangguan asam lambung alias heartburn atau GERD. Hal ini terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus setelah makan dan menyebabkan rasa panas atau terbakar di sekitar dada.Makan sesuatu yang menyebabkan gas atau makan terlalu cepat juga bisa menjebak udara di perut Anda dan membuat tidak nyaman, tambahnya.

3.         Kualitas tidur terganggu

 

Apabila anda akan makan pada tengah malam maka hindarilah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cairan seperti sup, hal ini untuk menghindari buang air kecil saat tidurr.

4.         Memengaruhi ingatan

Akibat makan pada malam hari atau kebiasaan makan yang terganggu dapat menyebabkan kemampuan berkurang. Telah diujicoba pada tikus, maka pada malam hari dapat menyebabkan kemampuan untuk mengenali objek lebih rendah

5.         Diabetes

Apabila kita memiliki kebiasaan mkan pada malam hari dapat menyebabkan gangguan pada jam makan normal, dengan pola makan seperti ini dapat mengakibatkan diabetes tipe-2. Karena gula dan insulin mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain setelah peiode kelaparan.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang kita harus menghindari makan pada tengah malam. Dan makan pada waktu makan yang normal, apabila tidak ingi memiliki dampak dari makan pada tengah malam.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

3 Gaya hidup utama pembunuh kesehatan mental
19 Juli 2018
Bahaya Konsumsi Mie Instan Setiap Hari
16 Januari 2020
Cara Membuat Timus Yang LezatšŸ¤¤
20 Februari 2020
Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi perlu anda waspadai!!
03 Maret 2020

Komentar