Logo Eventkampus

3 Gaya hidup utama pembunuh kesehatan mental

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
3 Gaya hidup utama pembunuh kesehatan mental

Stres adalah pengganggu kesehatan mental utama yang sering terjadi pada manusia termasuk Anda.

Mungkin Anda hanya tahu bahwa stres disebabkan karena masalah yang memenuhi pikiran dan perasaan Anda. Padahal sebenarnya stres juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang Anda pilih.
Berikut adalah beberapa jenis gaya hidup yang mampu menjadi penyumbang terbesar stres.

Menjadi workaholic 
Memang Anda tidak dilarang untuk menjadi seorang workaholic atau pekerja keras, terutama jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam hidup Anda. Namun jangan sampai Anda menjadi workaholic sehingga mengabaikan kesehatan Anda sendiri. Sebab saat Anda menjadi workaholic, jadwal hidup Anda menjadi tidak teratur.

Anda akan kurang tidur, memiliki pola makan yang tidak sehat, dan kurang memiliki waktu untuk bersantai. Sehingga jika Anda terus-terusan menjadi workaholic, maka kemungkinan besar Anda akan stres. 

Hidup monoton
Rutinitas sehari-hari yang monoton ternyata bisa membuat Anda terkena stres. Sebab hal yang monoton seringkali akan membuat Anda merasa bosan. Oleh karena itu jika Anda merasa bahwa gaya hidup yang Anda jalani membosankan, jadilah kreatif. Buatlah sesuatu yang dapat membuat diri Anda merasa senang. 

Kurang tidur
Tubuh Anda memiliki hak untuk beristirahat. Dan jenis istirahat utama yang wajib untuk Anda lakukan adalah tidur. Sebab saat tidur, tubuh Anda akan beristirahat. Semua sistem tubuh Anda akan diatur ulang. Dan seluruh sel tubuh akan diremajakan kembali. Sehingga tidur amatlah penting.

Saat stres mengintai tubuh Anda, bukan hanya sakit yang bisa Anda dapatkan. Namun kesehatan mental Anda bisa terganggu. Oleh karena itu jika Anda merasa stres, segera ambil waktu untuk bersantai. Anda bisa mencoba meditasi, yoga, atau mendengarkan musik favorit.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Cara Jaga Berat Badan Tanpa Diet
31 Desember 2019
Bahaya Konsumsi Mie Instan Setiap Hari
16 Januari 2020
Dampak Buruk Makan Tengah Malam
20 Januari 2020
6 Artis Indonesia Terkaya Saat Ini. Ada Yang Sukses Di Bisnis Properti Lho!
13 Februari 2020
Stres Seringkali Timbul pada Pengguna Narkoba Karena Apa?
13 Agustus 2022

Komentar