Logo Eventkampus

Manfaat Ketela Singkong

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Ketela Singkong

Anda pasti tidak asing lagi dengan tanaman singkong. Ternyata, umbi-umbian dengan harga cukup terjangkau ini sangat bermanfaat lho bagi kesehatan. Berikut ulasan tentang manfaat singkong bagi kesehatan.

Singkong adalah jenis tanaman umbi-umbian yang banyak dibudidayakan secara luas di daerah tropis dan subtropis. Umbi jenis ini merupakan sumber utama karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya. 

Kandungan karbohidrat dalam singkong sangat tinggi setelah beras dan jagung. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, singkong merupakan makanan pokok di beberapa negara berkembang. Berikut ini adalah beberapa manfaat singkong untuk kesehatan :


1. Membantu menurunkan berat badan

Singkong adalah makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Serat pada makanan ini akan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Akibatnya, Anda akan mengurangi ngemil, sehingga membantu menjaga berat badan.


2. Manfaat singkong bagi kesehatan untuk menyembuhkan migrain

Singkong mengandung vitamin B2 dan riboflavin, yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Konsumsi 60 gram daun singkong dan rendam dalam air selama 2 jam dan buat jusnya. Ini akan memberikan bantuan migrain parah.


3. Meningkatkan pencernaan

Singkong kaya akan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus. Selain itu, juga mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan Anda. Dengan demikian, kandungan serat dalam singkong dapat mencegah timbulnya masalah pencernaan.


4. Mengobati diare

Sifat antioksidan pada singkong dapat membantu mengatasi diare. Jika Anda menderita diare, rebus umbi selama satu jam untuk membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare juga. 


5.Manfaat singkong bagi kesehatan penglihatan 

Salah satu manfaat lain yang dimiliki oleh singkong adalah bagi kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang membantu meningkatkan penglihatan Anda.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Senam Untuk Kesehatan
11 Juli 2017
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
13 Juli 2018
Efek Samping Daun Sirsak untuk kesehatan
06 Januari 2020
Manfaat Bengkuang
23 Januari 2020
Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan
29 Januari 2020
Bahaya kecanduan gedget bagi anak anak
24 Februari 2020

Komentar