Logo Eventkampus

11 Cara Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama dan Segar

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
11 Cara Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama dan Segar

Sayuran bisa saja menjadi layu dan tidak segar, itu karena cara penyimpannya yang kurang tepat. Terutama bagi Ibu-ibu yang selalu membeli sayuran. Pasti binggung kan bagaimana cara menaganinya. Mari sekarang kita simak cara menyimpan sayuran agar tetap segar dan tahan lama.

1.      Dengan Menjaga Tingkat Kelembapan

Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Menjaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya didalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

2.      Dengan Mencuci Sayur Yang Baru di Beli

Jika semua sayur yang dibutuhkan sudah di dapatkan, maka jangan lupa mencucinya sesuai dengan jenisnya. Diharapkan dicuci satu persatu agar benar-benar bersih. Sayur yang sudah dicuci jangan langsung disimpan, melainkan ditiriskan terlebih dahulu.

3.      Mengambil Sesuai Kebutuhan Saja

Jika  menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya.

4.      Simpan Sayur & Buah Di Tempat Yang Khusus

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Penyimpanannya seperti di Lemari es, Fresh ‘n Lock.

5.      Jangan Menyimpan Sayur Yang Sudah Dipotong

Hindari menyimpan sayuran ketika dalam keadaan sudah terpotong-potong, karena menyimpan sayur dalam keadaan dipotong tidak akan tahan lama, tapi jika masih utuh akan membuat sayur lebih tahan lama.

6.      Menata Dengan Rapi Dan Dengan Benar Sayuran Di Dalam Kulkas

Dengan menata dan mengatur sayuran dengan benar didalam kulkas. Kalian dapat menyimpan sayuran dengan tahan lama.

7.      Memastikan Kulkas Bersih Atau Tidak

Ketika ingin menyimpan sayur ke dalam kulkas atau lemari es, maka kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah kulkas bersih atau justru sebaliknya, dan pastikan juga jika kulkas bersuhu pas. Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Apabila lebih tinggi dari itu maka akan menyebabkan timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

8.      Pintar  Ketika Membeli Sayuran

Ketika hendak membeli sayuran sebagai persediaan, maka kalian  harus mendatanya terlebih dahulu. Alangkah lebih baiknya jika membuat tabel kecil agar lebih bisa memudahkan kalian ketika mendata sayuran apa saja yag akan dibeli untuk persediaan.

9.      Simpan dengan Kertas

Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayurang tidak akan cepat membusuk.

10.  Masukan Sayur Ke Dalam Kantong Plastik

Sebelum disimpan, akan lebih baiknya jika sayuran dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang. Menyimpan sayuran ke dalam plastik merupakan salah satu cara tepat untuk mempertahankan sayuran agar tidak mudah rusak.

11.  Pastikan Simpan dalam Keadaan Kering

Jika ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum di masukkan kulkas. Sayuran dan buah yang basah akan tak tahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es.

Nah, itulah beberapa cara agar sayuran tidak cepat layu dan membusuk. Jangan lupa mencoba nya tips ini ya!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh
17 Februari 2020
Terdengar Asing, Namun Kale Memiliki Banyak Manfaat Lho!
18 Februari 2020

Komentar