Logo Eventkampus

Fakta Menarik Tentang Kupu-kupu

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Menarik Tentang Kupu-kupu

      Makhluk hidup yang satu ini memang banyak dikenal karena keindahannya. Bahkan tidak jarang anak kecil menyukai kupu-kupu karena ketertarikannya terhadap warna yang ada di sayap kupu-kupu. Walaupun seekor kupu-kupu berasal dari ulat yang tidak senangi banyak orang namun dapat berubah menjadi makhluk hidup yang indah dan menarik. Tapi, dari hewan yang satu ini, ternyata memiliki beberapa keunikan loh?!. Seperti keunikan-keunikan berikut ini. 


1. Sayap kupu-kupu transparan

Sayap kupu-kupu memilki pola yang rapat dan berderet sehingga membentuk warna yang indah. Disisi lain ada juga kupu-kupu yang memiliki sayap yang tidak berwarna atau bening. Keadaan yang seperti ini digunakan kupu-kupu untuk mengelabuhi musuh. Karena, musuh akan kesulitan untuk melihat kupu-kupu yang sayapnya transparan.


2. Bentangan sayap kupu-kupu

Kupu-kupu terbesar memiliki bentangan sayang sepanjang 28cm. Sedangkan pada kupu-kupu terkecil maka bentangan sayapnya tidak lebih dari 1,5cm.


3. Usia kupu-kupu

Berapa lama usia kupu-kupu ?Usia kupu-kupu dewasa hanya 14-24 hari saja. Seperti halnya kupu-kupu gajah jantan, ia akan mati setelah kawin dan betina akan mati setelah bertelur dan meletakkan telurnya.


4. Mata kupu-kupu

Mata kupu-kupu memiliki ribuan lensa heksagonal yanng membuat penglihatan kupu-kupu menjadi sangat tajam.


5. Kupu-kupu tidak makan

Jenis kupu-kupu gajah saat dewasa tidak makan karena memiliki bentuk mulut yang abnormal. Namun, ketika belum dewasa kupu-kupu masih tetap makan daun-daunan di sekitar kupu-kupu tersebut.


6. Merasakan dengan kaki

Kaki pada kupu-kupu digunakan untuk merasakan. Kupu-kupu menggunakannya untuk menemukan tempat mencari makan dan pohon inang untuk meletakkan telurnya kelak. Kaki pada kupu-kupu akan menggesek-gesek daun atau batang tanaman agar sarinya keluar. Setelah itu organ chemoreceptor yang ada pada kaki belakang akan mendeteksi apakah pohon ini cocok untuk ditempati telur atau tidak. Hal inilah yang membuat kita sering melihat ulat yang sama pada pohon tertentu.




Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Fakta tentang buaya yang jarang diketahui
27 Februari 2020
Fakta unik tentang singa
28 Februari 2020

Komentar