Logo Eventkampus

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh

Jeruk purut pasti tidak asing ya bagi kalian semua. Jeruk purut adalah buah berukuran kecil yang digunakan sebagai salah satu bumbu masakan di negara  Asia. Selain buahnya, daun tanaman jeruk purut juga dapat dimanfaat untuk berbagai keperluan, khususnya memasak. Aromanya yang wangi dan menyegarkan dapat menambah cita rasa pada masakan. Juga, aroma amis pada daging ikan juga dapat dihilangkan dengan cara meneteskan jus jeruk purut di atasnya. Dan mau tahu manfaat lain jeruk purut, simak penjelasannya:

1.      Membantu Mengatas Batu Ginjal

Pengidap penyakit ini adalah mereka yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih. Namun tak perlu khawatir, karena kalian bisa mencegahnya dengan perasan air jeruk purut. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

2.      Dapat Membantu Merawat Kulit

Setiap orang, pastinya menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Jeruk purut mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan juga memperlambat kerusakan sel dan meminimalkan munculnya tanda-tanda penuaan, bekas luka, dan jerawat.

3.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat antibakteri dan antioksidan yang dimiliki oleh jeruk purut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4.      Dapat Meningkatkan Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat jeruk purut yang paling populer adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Tidak hanya buahnya saja, tetapi kulit dan daunnya juga sering digunakan dalam perlindungan kesehatan mulut.

5.      Dapat Mengurangi Stres

Jeruk purut memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan yang jika menghirupnya dapat membantu mengurangi stress. Bahkan hanya dengan menghirup daun jeruk purut saja, tubuh dan pikiran bisa menjadi lebih tenang.

6.      Dapat Mengurangi Peradangan

Jeruk purut juga dipercaya dapat mengurangi berbagai kondisi peradangan, seperti radang sendi, edema, rematik, asam urat, dan lain-lain.

7.      Dapat Membersihkan darah

Minyak jeruk purut kerap dicampurkan dengan beberapa tanaman obat lain dan digunakan untuk membantu menyembuhkan kelainan darah. Campuran bahan-bahan tersebut, dinilai dapat menghilangkan patogen atau komponen berbahaya penyebab penyakit, yang terdapat di dalam darah.

8.      Dapat Merawat Rambut

Manfaat lain dari jeruk purut yang perlu diketahui adalah dapat membantu merawat rambut. Daun dan jus jeruk purut dipercaya mampu memperkuat folikel dan mencegah kebotakan.

9.      Dapat Memelihara Sistem Pencernaan

Manfaat jeruk purut dapat membantu memelihara sistem pencernaan. Karena di dalam jeruk purut tersimpan sejumlah komponen yang bersifat anti peradangan, tetapi juga menstimulasi sistem pencernaan. Oleh karena itu, jika kalian menderita sembelit atau gangguan pencernaan, kalian dapat meminum ramuan jeruk purut sebagai obat alami yang dapat membantu menghilangkan gejala-gejala tersebut dan membuat usus kembali ke jalur yang teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki oleh jeruk purut yang perlu diketahui. Semoga info ini dapat bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Jeruk Purut
03 Februari 2020

Komentar