Logo Eventkampus

Manfaat Jeruk Purut

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jeruk Purut

     Jeruk yang sering kita dapati berwarna hijau namuan berubah hijau kekuningan saat matang ini, bentuknya sungguh tidak sedap dipandang mata. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara tropis termasuk Cina selatan, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

   Buah dan daunnya digunakan dalam masakan Asia Tenggara dan minyak atsirinya digunakan dalam wewangian. Kulitnya dan daunnya hancur mengeluarkan aroma jeruk yang kuat.

  Selain dari penggunaan kulinernya, karena rasanya yang unik dan rasa yang menyenangkan, jeruk purut juga sangat dihormati dalam pengobatan herbal, karena kandungan tinggi senyawa organik bermanfaat yang secara positif dapat mempengaruhi sistem tubuh.

    Jeruk perut digunakan dalam sup dan saus, terutama daunnya, yang sering digunakan dalam masakan Thailand. Namun, daun dan kulitnya sangat kuat sehingga sering kali dapat membanjiri rasa hidangan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi jeruk purut.

1. Mengobati masalah pencernaan

 Jeruk purut terdiri dari beberapa komponen yang juga ditemukan dalam serai dan rempah-rempah terkait. Konstituen organik ini bersifat anti-inflamasi, tetapi mereka juga merangsang untuk sistem pencernaan.

 Jika Anda menderita sembelit atau gangguan pencernaan, beberapa ramuan jeruk purut dapat membersihkan gejala Anda dan membuat usus Anda kembali ke jalur yang teratur.

 Ini dapat membantu mencegah masalah pencernaan yang lebih serius di masa depan, seperti kanker kolorektal, wasir, atau tukak lambung.

2. Mengurangi stres

  Minyak dari ekstrak buah-buahan ini dapat digunakan secara aromatik dengan efek luar biasa. Jika Anda menderita kecemasan atau berbagai gangguan saraf, coba menghabiskan waktu dengan menghirup uap yang menenangkan ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

3. Meningkatkan kesehatan mulut

  Jeruk purut cukup bermanfaat dalam perlindungan kesehatan mulut. Namun, bukan buah itu sendiri yang harus dimakan untuk ini, melainkan kulit dan daunnya.

  Daun dapat langsung digosokkan ke gusi untuk meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang menumpuk di mulut.

    Minyak yang diekstrak dari jeruk purut juga dapat dicampur dengan pasta gigi organik dan obat kumur untuk meningkatkan perawatan mulut dan gusi yang lebih kuat.

4. Perawatan kulit

   Jus dan ekstrak jeruk purut dicampur ke dalam banyak produk kosmetik dan mandi untuk baunya yang luar biasa, serta khasiat antioksidannya.

    Beberapa asam yang ditemukan dalam limau kaffir dapat membantu menetralkan radikal bebas, produk sampingan yang berbahaya dari respirasi sel yang dapat menyebabkan mutasi atau apoptosis sel, serta kanker.

  Senyawa antioksidan juga dapat memperlambat kerusakan sel dan mengurangi munculnya tanda penuaan, bekas luka, dan jerawat.

    Jika Anda ingin kulit Anda terlihat sehat dan segar hingga tua, maka mungkin beberapa jus jeruk purut adalah yang Anda butuhkan.

5. Meningkatkan kekebalan

  Kualitas antibakteri dan antioksidan limau kaffir menjadikannya alat yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

   Aplikasi topikal tidak hanya mencegah infeksi dan bakteri menumpuk di kulit, tetapi ketika dikonsumsi, jeruk purut dapat membantu mencegah berbagai penyakit pencernaan dan mendorong sistem kekebalan melalui efek antioksidan.

6. Mendetoksifikasi darah

  Minyak jeruk purut sering dicampur dalam berbagai ramuan untuk mereka yang menderita penyakit yang ditularkan melalui darah atau penyakit kronis yang berhubungan dengan darah.

  Campuran unik dari senyawa volatil dikenal untuk menghilangkan patogen atau agen asing dalam darah, sementara juga membantu hati dan sistem limfatik mengeluarkan zat berbahaya dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

7. Menurunkan peradangan

  Jeruk purut dapat menjadi obat luar biasa bagi mereka yang menderita rematik, radang sendi, edema, asam urat, atau beberapa kondisi peradangan lainnya.

  Anda dapat menggunakan jus, daun, atau ekstrak minyak secara topikal pada area di mana Anda mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan Anda juga dapat mengkonsumsi buah dan jus untuk menikmati efek yang sama.

   Efek anti-inflamasi ini juga membuat jus jeruk purut bermanfaat untuk sakit kepala dan migrain.

8. Perawatan rambut

  Campuran jus jeruk purut dan daun dianggap cukup bermanfaat untuk perawatan rambut yang tepat.

   Anda dapat menerapkan ramuan dan campuran ke kulit kepala dan rambut untuk memperlambat awal kebotakan pola pria dan memperkuat folikel rambut.

     Ini juga bisa melembabkan kulit untuk mencegah ketombe dan meningkatkan penampilan dan bersinar.

9. Penolak serangga

  Jeruk purut sering digunakan untuk properti penolak serangga mereka. Citronellol dan limonene yang ditemukan di jeruk purut sangat tidak menarik bagi sebagian besar serangga, dan ketika Anda meletakkan lotion atau salep yang mengandung jus jeruk nipis / minyak pada kulit Anda, Anda dapat sangat mengurangi kemungkinan digigit serangga, apakah mereka menginfeksi serangga.

10. Mencegah kanker

     Kanker, penyakit mengerikan terbesar dan nomor satu di dunia telah menjadi ketakutan bagi semua orang.

    Tidak ada yang mau menderita kanker karena belum ada obat pasti yang ditemukan untuk menyembuhkan penyakit ini.

  Orang bijak mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, itu sebabnya Anda harus tetap sehat dan sadar akan stroke kanker dengan hanya mengonsumsi makanan sehat dan alami.

     Untuk membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat, mengkonsumsi daun limau kaffir akan membantu Anda mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda.

     Konsumsilah secara teratur setiap hari untuk dampak yang lebih baik.

11. Sembuhkan sariawan

    Daun jeruk purut dan buah-buahan adalah salah satu sumber vitamin C terbesar yang bekerja dengan baik untuk menyembuhkan sariawan.

    Sariawan sangat menjengkelkan karena membuat Anda terjebak mengunyah makanan dan Anda bahkan tidak bisa berbicara atau membuka mulut.

  Sariawan disebabkan karena kekurangan air dan vitamin C di dalam tubuh Anda; selain itu, itu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah di organ Anda.

       Mengkonsumsi air hangat dari daun limau kafir infus dapat membantu Anda mengurangi sariawan dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak Vitamin C.

12. Sembuhkan batuk

 Batuk yang buruk bisa sangat mengganggu saat Anda masih di tengah minggu kantor yang sibuk.

   Ketika Anda menderita batuk, Anda biasanya akan minum obat dari toko obat.

    Sementara itu, Anda dapat mencoba menyembuhkannya secara alami dengan menggabungkan bersin daun limau kaffir dengan madu atau gula aren dan menuangkannya ke dalam secangkir air hangat.

   Ekstrak vitamin C yang terkandung dalam daun limau dapat bekerja lebih baik dan lebih alami untuk menyembuhkan batuk dan membuat tenggorokan Anda menjadi bersih dan segar.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips menjadi tubuh ideal dan sehat
04 Januari 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018
Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui
08 Januari 2020
Manfaat Tebu Hitam
23 Januari 2020
Manfaat Mentimun
29 Januari 2020
Apakah Wanita bisa Hamil ketika Berenang dengan Pria
25 Februari 2020

Komentar