Logo Eventkampus

Cara Membuat Balado Kentang yang Enak

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Membuat Balado Kentang yang Enak

Di negara kita Indonesia ini memang mempunyai segudang resep masakan tradisional ya. Salah satunya Balado Kentang nih. Siapa sih yang belum coba makanan satu ini? Pastinya udah tahu semua kan? Balado kentang merupakan salah satu masakan yang rasanya enak, lezat, pedas, gurih dan disukai oleh banyak orang. Nah, kali ini kita akan membuat resep Balado Kentang nih, yang pastinya enak dan lezat. Yang bisa kalian buat sendiri dirumah. Mari simak cara membuat Balado Kentang sebagai berikut:

Bahan-bahannya :

1.      5 buat kentang

2.      9  buah cabe merah

3.      7 buah cabe rawit

4.      3 buah tomat kecil

5.      6 siung bawang merah

6.      3 siung bawang putih

7.      Garam secukupnya

8.      Penyedap rasa secukupnya

9.      Gula pasir scukupnya

10.  Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

1.      Kupas dan potong-potong dulu kentang menjadi dadu. Kemudian cuci hingga bersih.

2.      Lalu siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak goreng secukupnya, kemudian masukkan kentang yang sudah dipotong dadu ke penggorengan dan goreng hingga setengah matang. Kalau sudah selesai tiriskan.

3.      Siapkan juga bumbu uleg Baladonya. Bumbu yang dihaluskan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam.

4.      Kemudian tumis bumbu uleg tadi hingga harum dan wangi. Lalu masukkan sedikit air kira-kira seperempat atau air secukupnya. Lalu masukkan kentang yang sudah di goreng tadi dan tunggu hingga bumbu meresap dan sedikit kering.

5.      Kemudian masukkan penyedap rasa secukupnya. Masak balado hingga matang ( sampai air tinggal sedikit dan keluar minyak).

6.      Cicipi dulu apakah masakan rasanya sudah pas dan enak. Jika rasa masih kurang bisa ditambahkan penyedap tapi kalau sudah pas bisa diangkat.

7.      Setelah selesai angkat Balado Kentang dan sajikan dalam piring.

8.      Balado Kentang siap disajikan.

Nah, itulah cara memasak balado kentang yang enak dan sederhana yang bisa kalian coba dirumah nih. Dan semoga informasi masakan ini bermanfaat bagi kalian semua yang menyimak ya.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar