Logo Eventkampus

Inilah tanda-tanda orang jenius

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Inilah tanda-tanda orang jenius

Umumnya manusia juga memiliki daya ingat yang bagus dan pantang mengumpat saat mengalami kegagalan. 

Namun, penelitian menunjukkan bahwa IQ tinggi sering dikaitkan dengan kebiasaan aneh dan rutinitas yang tidak biasa.

Berikut adalah kebiasaan tak lazim dan aneh yang terbukti secara ilmiah sering dilakukan orang-orang cerdas

1. Cenderung malas

Satu percobaan menunjukkan bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung lebih sering terlihat bermalas-malasan dan kurang aktif. Sementara rata-rata individu merasa cepat bosan dan mencoba mengisinya dengan kesibukan.

2. Melupakan hal-hal sepele

Memiliki ingatan yang bagus menjadi pertanda seseorang itu pandai. Namun menurut penelitian terbaru, orang melupakan hal-hal sepele justru menunjukkan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Otak kita melupakan hal-hal sepele karena dua alasan yaitu menyesuaikan diri dengan kondisi baru atau menyingkirkan hal-hal kecil yang tidak penting untuk sebuah informasi yang lebih penting.

3. Jarang sekali mengumpat

Mengumpat tidak selalu menunjukkan penuturnya memiliki kecerdasan yang rendah. Semakin banyak penelitian membuktikan bahwa orang yang mengumpat sering memiliki kosakata yang jauh lebih luas, yang merupakan tanda IQ-nya tinggi.

Tapi tentu saja orang cerdas harus menjaga ucapannya. Sangat meragukan jika orang yang sering mengumpat berlebihan bisa masuk kategori cerdas.

4. Percaya dengan orang

Orang pintar cenderung tidak mempercayai siapapun. Namun, ilmuwan membuktikan bahwa individu cerdas sebenarnya mudah percaya orang lain. Ini mungkin karena mereka melihat kehidupan secara lebih baik.

Peneliti juga mengatakan orang-orang yang mudah mempercayai orang lain memiliki keberanian dan lebih sedikit mengalami masalah kesehatan. Jadi kepercayaan tidak hanya menyenangkan, tapi bagus untuk kesehatan juga.

5. Punya peliharaan kucing

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih memilih kucing sebagai hewan peliharaan punya sifat yang lebih tenang, lebih peka, dan memiliki IQ lebih tinggi. Sementara pencinta anjing cenderung lebih aktif, terbuka untuk orang lain, dan terbiasa mematuhi peraturan.

6. Tidak suka daging

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan fakta yang aneh: orang dengan IQ tinggi lebih memilih daging unggas, ikan, dan sayuran daripada daging sapi dan sejenisnya. Tapi jangan terlalu terburu-buru membuang steak Anda. Preferensi makanan dibentuk oleh berbagai kondisi, seperti keluarga, kesehatan, agama, dan bahkan tempat tinggal.

7. Pandai membuat ide baru

Tampak jelas bahwa orang cerdas sering menciptakan hal baru. Tapi sebenarnya tidak begitu. Terkadang, orang dengan IQ tinggi mampu memikirkan solusi yang tidak biasa namun tidak menggunakannya dalam kehidupan. Masalahnya, ketika mereka mencoba membawa gagasan itu ke kehidupan nyata, ide lain sudah muncul di kepala mereka.

8. Jam tidur lebih sedikit

Orang cerdas begadang lebih sering daripada tidak. Karena itu jam tidur mereka sedikit karena harus bangun pagi untuk berangkat kerja atau sekolah.

9. Suka menggigit kuku

Selama ini kebiasaan menggigit kuku selalu dianggap sebagai bagian dari perasaan gugup. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan indikasi perfeksionisme. Menurut psikolog, kebiasaan yang berfokus pada tubuh seperti menggaruk kulit, menarik rambut, atau menggigit kuku membantu melawan kebosanan dan menenangkan ketidakpuasan. Dan punya kebiasaan seperti itu merupakan tanda kecerdasan.

Penulis

foto Bryan endiarto
Bryan endiarto
SMKN 2 KARANGANYAR Calon orang SUKSES 僕はハンサムです

Artikel Terkait

Mahasiswa IPB Ciptakan Permainan Edukasi Selendank Tangkal Kejahatan Seksual
05 Juni 2017
Silaturahim dan Buka Puasa Bersama Rektor Unmul
06 Juni 2017
UGM Jalin Kerja Sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia
09 Juni 2017
Beranda / Berita / Pentingnya Peran Pemerintahan Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat
16 Juni 2017
Kelebihan Handphone Jadul
12 Juli 2018
Fakta menarik tentang kota Tokyo, Jepang
05 Februari 2020

Komentar