Logo Eventkampus

Mangkujiwo : Membahas Lahirnya Mbak Dini

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Mangkujiwo : Membahas Lahirnya Mbak Dini

    Kabar bagi kalian para pecinta film horor, karena kalian nanti akan dibuat takut sekaligus kagum terhadap film yang satu ini. Mangkujiwo adalah film horor terbaru indonesia yang tayang perdana pada tanggal 30 Januari 2020 yang menceritakan asal muasal Kuntilanak.        

Prolog

Kuntilanak (bahasa Melayupontianak atau puntianak) atau sering disingkat kunti atau di negara +62 sering disebut Mbak Dini adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak".

    Film Mangkujiwo berkisah tentang perselisihan antara Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten) yang memperebutkan tahta dan pusaka yang ada di tanah Jawa.  Cokrokusumo mengambil jabatan Brotoseno dari keraton dengan memfitnahnya dihadapan sang raja.

    Kemudian, Brotoseno hendak balas dendam dan bekerja sama dengan Kanti (Asmara Abigail), seorang wanita yang juga membenci Cokrokusumo. Singkat cerita, mereka berdua menyusun berulang kali sebuah rencana untuk balas dendam kepada Cokrokusumo, tetapi mereka malah menuju pada ilmu hitam dan sesat. Tanpa mereka rencanakan, justru itu malah mengundang petaka bagi semuanya.

Fakta-fakta menarik dari film ini

1. Adegan Yasamin Jasem muntah darah dan belatung

Muntah darah dan belatung dikarenakan pukulan yang keras dan berulang kali terhadap Yasamin Jasem.

2. Asmara Abigail belajar jadi orang tak waras dan dipasung selama syuting sebagai kuntilanak 

Asmara Abigail mengungkapkan bahwa dirinya harus disiksa selayaknya kisah Kuntilanak. Karena pada kisahnya, Kunti digambarkan sebagai orang yang tidak waras dan membahayakan orang sekampung sehingga harus dipasung.

3. Asmara Abigail sebut bahwa Kuntilanak bisa jadi lambang Feminisme Indonesia

Asmara mengatakan bahwa Kuntilanak kerap digambarkan dengan gambaran yang negatif dan menyeramkan, justru sebaliknya memiliki kehidupan yang menyedihkan dan rapuh. Setelah mengetahui sejarah Kuntilanak, Asmara menggambarkan Kuntilanak sebagai tokoh pejuang wanita Indonesia.

So Guys, buat kalian yang suka film horor dan penasaran dengan film ini, langsung aja kalian tonton dibioskop  kesayangan kalian.

Penulis

foto Pratoni
Pratoni

Artikel Terkait

Milea : Suara dari Dilan Pelangkap dari trilogi Film Dilan
04 Februari 2020
Asal Usul SlenderMan,yang Berasal dari Meme Internet
09 Maret 2020
Sinopsis Patient Zero,Berkisah tentang Epidemi Rabies Global
09 Maret 2020
Sinopsis Non-Stop, Film Amerika genre Action-Thriller
10 Maret 2020
Sinopsis Film RED 2, Komedi aksi Amerika
12 Maret 2020
Sinopsis Sabotage,Film thriller aksi Amerika 2014
13 Maret 2020

Komentar