Logo Eventkampus

Tutorial Cara Menjadi Progammer: Belajar Programming itu Mudah!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tutorial Cara Menjadi Progammer: Belajar Programming itu Mudah!

Apakah kamu muak dengan karir kamu saat ini? Pekerjaan membosankan tanpa ada perkembangan? Sudahkah kamu mencari info bagaimana cara menjadi programmer atau cara belajar programming? Jika begitu, maka artikel ini cocok untukmu!

Kita akan melihat berbagai topik terkait cara menjadi programmer dengan panduan langkah demi langkah yang sederhana. Kami akan melihat berbagai topik berbeda yang berhubungan langsung dengan pemrograman, dan pada akhirnya kamu harus dapat menjawab pertanyaan seperti:

  • Apa yang dilakukan programmer komputer?
  • Bagaimana cara belajar pemrograman?

Kami akan membahas beberapa jenis programer, bahasa utama yang harus kamu fokuskan untuk belajar sesuai dengan jenis pemrograman yang kamu inginkan, dan apa cara terbaik untuk mempelajari bahasa-bahasa ini. Kita akan membahas semua yang perlu kamu ketahui sampai kamu mendapatkan pekerjaan pertama kamu, termasuk tip bonus yang akan sangat berguna – selamat menikmati!

Apa yang Dilakukan Programer Komputer?

Sebelum kita mulai membahas cara menjadi programmer, pastikan bahwa kamu memiliki pemahaman yang lengkap tentang apa yang dilakukan oleh pemrogram komputer. Pada dasarnya, programmer adalah seseorang yang menulis kode yang memberitahu komputer atau perangkat lain apa yang harus dilakukan.

Dalam kasus pengembang perangkat lunak, mereka mengambil konsep atau desain dan menulis kode yang memberitahu komputer bagaimana menjalankan konsep ini. Dalam kasus seseorang seperti pengembang web, mereka mengambil desain situs web yang diusulkan dan membangunnya dengan menulis kode yang diperlukan. Dalam sebagian besar situasi, programmer komputer sedang membangun atau membuat sesuatu berdasarkan parameter desain orang lain. Namun, ada beberapa programmer yang merancang program mereka sendiri, jadi ini selalu menjadi pilihan jika kamu orang yang berjiwa wirausaha!

Sekarang kami telah menjawab pertanyaan ‘Apa yang dilakukan oleh pemrogram komputer?‘, Mari kita beralih ke cara belajar programming dan menjadi programer yang baik.

Cara Menjadi Programmer Itu Mudah: Panduan Step-by-Step

Mempelajari pemrograman itu sulit, jujur saja. Namun, ketika kamu bandingkan dengan keterampilan dan jalur karier lain, jadi programmer adalah salah satu pilihan termudah yang pernah kamu buat!

  • Programmer bekerja di bidang yang sangat menarik di mana setiap hari membawa tantangan dan pengetahuan baru.
  • Programer memiliki kesempatan untuk bekerja untuk diri mereka sendiri, untuk bekerja berapapun jam yang mereka inginkan, dan untuk bekerja dari rumah jika mereka mau.
  • Pemrograman sangat mudah dipelajari jika dibandingkan dengan keterampilan lain yang dapat memakan waktu tiga tahun atau lebih di universitas. Tentu, kamu bisa menghabiskan beberapa tahun dalam hidup kamu dan belajar pemrograman di uni, tetapi mengapa kamu bisa mempelajarinya dalam beberapa bulan online?

Seperti yang kamu pahami, jadi programmer adalah sebuah jalan karir yang menjanjikan. Untungnya, di sini kamu akan melihat bagaimana cara melakukan hal itu dalam tujuh langkah sederhana. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!

Langkah 1: Pahami Mengapa Kamu Ingin Mulai Pemrograman

Yang pertama, dan pasti salah satu langkah paling penting untuk belajar coding dan jadi pemrogram yang layak adalah mengidentifikasi alasan kamu untuk memulai program. Duduk dan pikirkan baik-baik tentang pertanyaan-pertanyaan berikut, karena jawaban kamu akan membantu kamu memutuskan dengan tepat jalan yang harus diambil:

Mengapa kamu ingin belajar programming?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum melangkah lebih jauh. Apakah kamu ingin mengubahnya menjadi karier? Apakah kamu memiliki proyek atau konsep yang ingin kamu wujudkan sendiri? Atau apakah kamu hanya ingin belajar cara menjadi programmer karena itu adalah sesuatu yang ‘keren’ saat ini? jawab dengan jujur, karena bahasa yang kamu pilih untuk belajar akan tergantung pada jawaban kamu untuk pertanyaan ini.

Apa yang ingin kamu lakukan dengan pengetahuan baru kamu?

Sekali lagi, kamu perlu mengidentifikasi apa yang ingin kamu lakukan dengan pengetahuan pemrograman baru kamu. Misalnya, kursus yang perlu kamu ambil dan bahasa yang perlu kamu pelajari jika kamu ingin menjadi pengembang perangkat lunak atau insinyur sistem akan sangat berbeda dengan keterampilan yang kamu butuhkan untuk membuat beberapa perubahan pada tata letak blog pribadi kamu.

Apakah kamu serius belajar program?

Ini pertanyaan yang sangat penting, menekuni cara menjadi programmer merupakan cara mendapatkan pekerjaan di lapangan, atau hanya sekedar iseng saja? Jika kamu serius, maka kamu harus dapat mengalokasikan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari keterampilan pemrograman sehingga kamu dapat mulai bekerja SECEPATNYA!

Pemrograman seperti apa yang ingin kamu lakukan?

Lebih lanjut tentang ini di Langkah 2, tetapi kamu harus memikirkan dengan seksama tentang jenis pemrograman yang ingin kamu lakukan dan bidang apa yang ingin kamu masuki. Apakah kamu ingin menjadi pengembang web back-end? Seorang insinyur perangkat lunak? Atau apakah kamu ingin mengerjakan sesuatu seperti kecerdasan buatan (AI) atau teknologi baru lainnya? jawaban atas pertanyaan ini akan membantu membentuk jalur pembelajaran yang kamu ambil, jadi jujurlah pada diri sendiri.

Setelah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur ​​dan mencatat jawaban kamu, sekarang saatnya untuk beralih ke langkah kedua: memilih jenis pemrograman yang ingin kamu lakukan dan kemudian kami akan melanjutkan ke pertanyaan tentang cara menjadi pemrogram.

Langkah 2: Tentukan Bidang Apa yang Ingin Kamu Tuju

Ada berbagai jenis pemrograman. Ketika kamu mencari tahu cara belajar programming, kamu harus berpikir dengan sangat hati-hati tentang bidang apa yang kamu rencanakan untuk mencari pekerjaan. Beberapa jenis pengembang program yang paling populer meliputi:

Pengembang web

Pengembang web selanjutnya dapat dipisahkan menjadi pengembang front-end (sisi klien) dan back-end (sisi server). Pemrogram front-end bertanggung jawab untuk menulis kode yang menentukan seperti apa sebuah situs web dan bagaimana kontennya disajikan. Pemrogram back-end diminta untuk menulis aplikasi web dan program rumit lainnya yang menyediakan kerangka kerja untuk menjalankan situs web.

Pemrogram perangkat lunak

Pemrogram perangkat lunak (software developer) – karena kamu mungkin dapat menebak – bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak. Mereka biasanya mengambil desain atau konsep yang telah dibuat oleh orang lain dan menulis kode untuk mengubahnya menjadi produk yang berfungsi.

Data scientist

Data scientist (ilmuwan data) biasanya bekerja dalam penelitian atau akademisi, di mana mereka menggunakan Python hampir secara eksklusif untuk menganalisis dan memanipulasi data ilmiah. Data scientist sering kali adalah peneliti dalam hak mereka sendiri, dan mereka sering menggunakan kode untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah.

Administrator Basis Data

Administrator database memiliki sejumlah gulungan. Mereka terutama bertanggung jawab untuk mengambil sejumlah besar data perusahaan dan mengamankan, mengatur, dan menganalisisnya. Jika kamu menyukai statistik dan analisis data konsumen, kamu harus melihat lebih dekat apa yang dilakukan oleh administrator database.

Pengembangan aplikasi ponsel pintar

Seiring meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar, permintaan untuk aplikasi seluler baru yang menarik juga bertambah. Pengembangan aplikasi seluler dengan cepat menjadi salah satu bidang pemrograman yang paling menguntungkan, terutama jika kamu pkamui mengerjakannya sendiri. Pekerjaan lepas sangat umum bagi pemrogram seluler.

Peran lainnya

Di atas adalah beberapa pekerjaan pemrograman yang paling umum. Jika tidak ada yang menarik bagi kamu, lakukan penelitian lebih lanjut dan temukan pekerjaan apa yang ada di luar sana. Jabatan dan peran pekerjaan baru terus diciptakan seiring dengan perkembangan teknologi, jadi pastikan kamu mengikuti berita dan jaringan industri terbaru dengan sesama pemrogram.

Langkah 3: Belajar Satu Bahasa Pemrograman (Atau Tiga)

Setelah kamu memilih bidang pemrograman, kamu perlu mempelajari bahasa yang relevan dengan bidang itu. Misalnya, kamu perlu SQL untuk menjadi administrator basis data, CSS, dan JavaScript untuk menjadi pengembang web front-end, dan sesuatu seperti Java atau Swift jika kamu ingin mulai membangun aplikasi seluler.

Di bawah ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan penggunaannya. Pastikan kamu melakukan riset untuk memastikan bahwa kamu mempelajari bahasa yang tepat untuk bidang yang kamu harapkan.

Python

Salah satu bahasa pemrograman yang paling fleksibel dan luas di dunia, Python adalah pilihan yang cocok untuk orang yang ingin bekerja dalam ilmu data, pengembangan perangkat lunak, atau hampir semua bidang pemrograman lainnya. Python juga digunakan dalam sejumlah teknologi baru seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.Kalau kamu ingin mempelajari tentang dasar-dasar sintaksis Python, cara menulis kode dan hal-hal berguna lainnya, pilih dari salah satu dari tiga program BitDegree tentang Python.

Langkah 4: Berlatih, Berlatih & Berlatih Lebih Banyak Lagi

Jadi kamu ingin tahu cara menjadi pemrogram, kan? Nah, ini sedikit rahasia untuk kamu:

Kamu harus berlatih. kamu harus banyak berlatih!

Itu benar (tidak mengejutkan), kunci cara menjadi programmer yang baik adalah latihan! Berlatih menulis kode sejak kamu mulai belajar. Unduh editor kode di browser kamu dan tulis program kecil kamu sendiri. Bagikan itu dan minta orang lain untuk mengkritik kode kamu. Cobalah dan pelajari sesuatu yang baru setiap hari, dan berlatih sampai kamu benar-benar fasih dalam semua aspek bahasa pilihan kamu.


rpl

Penulis

foto Ridwannur
Ridwannur
Siswa SMK Negeri 2 Karanganyar Dengan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Artikel Terkait

Fakta Menarik Seputar Anak RPL
04 Februari 2020
3 Kebiasaan Buruk Anak RPL
05 Februari 2020
Persiapan masuk jurusan RPL
07 Februari 2020

Komentar