Logo Eventkampus

Persiapan masuk jurusan RPL

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Persiapan masuk jurusan RPL

Jurusan RPL atau biasa dipanggil jurusan aplikasi ini bersaudara dengan aplikasi dan hal-hal dasar dalam dunia pemrograman. Jadi untuk sahabat Event Kampus yang belum tahu menahu sama sekali mengenai RPL, sekurang-kurangnya harus mengetahui maksud dari jurusan RPL itu dulu yah.

Nah, sekarang kita simak apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan Rekayasa perangkat lunak.

  1. Harus percaya diri

Kalau kalian mau memulai sesuatu, persiapan yang paling terpenting adalah rasa percaya diri yang tertanam di dalam diri kita. Anak-anak RPL harus punya mental yang kuat. Rasa percaya diri digunakan untuk mencoba berbagai hal baru yang akan muncul ketika kita mempelajari semua dasar-dasar RPL.

  1. Menyiapkan pengetahuan materi dan praktek

Sebelum masuk jurusan RPL, sahabat harus tahu dulu apa-apa saja yang akan menjadi materi di jurusan RPL tersebut. Hal ini dilakukan agar keselarasan antara materi dan pengetahuan siswa dapat berjalan. Sahabat juga harus memiliki rasa kepo yang besar, karena rasa super kepo ini akan mendorong kita untuk mencari tahu lebih rinci mengenai hal-hal yang akan dipelajari. Selain materi, pengetahuan untuk praktek juga bisa dicoba selama ada perangkat yang bisa digunakan. Karna nanti akan lebih banyak praktek ketimbang materi lho.

  1. Menguasai dasar-dasar dari bidang programming

Karena RPL berhubungan dengan program aplikasi, maka sahabat harus mengetahui terlebih dahulu mengenai dunia programming, kemudian mengasahnya lagi saat proses belajar di sekolah. Tidak perlu merasa takut, biasanya yang perlu sahabat cuma 3 hal yaitu : Coding, desain, dan algoritma.

  1. Mengasah kemampuan Logika

Kemampuan berlogikan akan membantu sahabat dalam beberapa kegiatan pembelajaran. Karena pada dasarnya ilmu yang dipelajari pada jurusan RPL adalah segala yang bersangkutan dengan logika. Semakin sahabat pandai berlogika, maka semakin mudah untuk mempelajari dunia programming.

  1. Memiliki perangkat yang dibutuhkan

Memiliki perangkat pribadi memang menjadi resiko jika sahabat serius telah memilih jurusan RPL. Perangkat yang dimaksud disini adalah laptop/netbook pribadi serta atribut pendukung apabila dibutuhkan. Dengan memiliki perangkat pribadi, akan jauh lebih mudah lho kita untuk belajar otodidak sebelum masuk jurusan RPL. Sebenernya sih bakal ada workshop yang akan menfasilitasi perangkat computer, tapi kalau seandainya terjadi kerusakan, sahabat kan sudah menyiapkan antisipasi.

  1. Menginstall aplikasi yang akan dipakai

Dalam proses belajar nanti akan diperlukan aplikasi programming khusus. Untuk memudahkan, sebelumnya akan lebih baik jika sahabat sudah mempunyai aplikasi tersebut di laptop atau netbook. Jika sudah memiliki aplikasinya sahabat gci bisa nih coba-coba duluan. Aplikasi yang biasanya diapakai seperti sublime text, dreamweaver, netbeans, visual studio, Borland c++, dan lain-lain.

  1. Persiapan yang lainnya

Persiapan lain yang perlu disiagakan sebelumnya ialah mengenal lebih dekat dengan syntax-syntax pada web programming atau software application.

Nah sahabat, itu saja yang sekiranya perlu sahabat Event Kampus persiapkan kalau mau masuk jurusan RPL. Yang pasti sahabat perlu menyiapkan mental serta pengetahuan terlebih dahulu. 

Buat sahabat-sahabat Event Kampus yang udah terlanjur masuk rpl tanpa mengetahui persiapannya terlebih dahulu, jangan khawatir. Untuk ke depannya bisa mencoba system belajar otodidak untuk mengejar ketinggalan.

Selamat mencoba ~

rpl

Penulis

foto Ridwannur
Ridwannur
Siswa SMK Negeri 2 Karanganyar Dengan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Artikel Terkait

Fakta Menarik Seputar Anak RPL
04 Februari 2020
3 Kebiasaan Buruk Anak RPL
05 Februari 2020
Tutorial Cara Menjadi Progammer: Belajar Programming itu Mudah!
06 Februari 2020

Komentar