5 Ide Bisnis Yang Patut Dicoba Untuk Pelajar Dan Mahasiswa Tanpa Modal Besar!

access_time | label Lainnya
5 Ide Bisnis Yang Patut Dicoba Untuk Pelajar Dan Mahasiswa Tanpa Modal Besar!

Berbicara tentang pengusaha, saya yakin pasti diantara kamu ada juga yang berniat untuk menjadi seorang entrepreneur atau wiraswastaKhususnya kamu anak muda yang suka dengan tantangan dan memiliki semangat juang tinggi. Nah untuk kamu yang ingin menjadi entrepreneur tapi bingung mau mulai bisnis apa dan tidak punya modal yang besar,  kamu tidak usah khawatir. Soalnya di artikel ini eventkampus.com akan berikan kamu daftar 5 ide bisnis untuk pelajar atau mahasiswa. Yuk disimak!

1. Blogger

Doodle blogging concept

Hanya dengan bekal jaringan internet, PC/laptop, situs blog, serta kemampuan menulis yang baik, kamu sudah bisa menghasilkan uang yang lumayan dari bisnis ini. Metode yang digunakan untuk memperoleh pendapatan dari bisnis ini ada berbagai macam, yaitu:

  • Memasang iklan (adsense atau mandiri)
  • Kerjasama dengan brand tertentu
  • Menjual produk/jasa pribadi
  • Menjual kursus
  • dll

Meskipun kebanyakan bisnis blogger hanya dijalankan seorang diri atau beberapa orang saja, namun potensi penghasilannya tidak boleh dipandang sebelah mata lho. Pasalnya sekarang ini sudah banyak sekali contoh blogger yang sukses memperoleh pendapatan mencapai lebih dari 1 miliar per bulannya.

Salah satunya adalah blogger asal Amerika Serikat yaitu Pat Flynn dengan situs blognya smartpassiveincome. Sementara di Indonesia sendiri ada seorang tokoh Raditya Dika yang kini telah dikenal luas sebagai seorang penulis, sutradara, selebgram, komedian, dan lain-lain. Dan itu semua bisa terjadi berkat bisnis blogger yang ia jalani pada awal-awal berkarir.

2. Dropshipper

Hasil gambar untuk dropshipper

Jika pada bisnis toko online sebagian besar mengharuskan kamu untuk memiliki stok barang untuk dijual. Maka pada bisnis reseller maupun dropshipper, kamu justru tidak apa-apa bila tidak memiliki produk untuk dijual. Alasannya adalah karena pada bisnis ini kamu hanya dituntut untuk memasarkan produk orang lain saja ke sebanyak orang mungkin. Dan apabila ada produk yang berhasil terjual melalui kamu, maka otomatis kamu akan diberikan sebagian komisi dari hasil penjualan tersebut. Maka dari itu, bisnis reseller maupun dropshipper ini juga termasuk cocok dijalankan oleh anak muda.

3. Jasa Guru les Privat

Hasil gambar untuk guru les privat

 

Jika kamu memiliki kemampuan akademis yang lumayan, maka kamu pun bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk dijadikan sebuah bisnis. Seperti menjadi seorang guru privat yang mengajarkan anak-anak usia SD/SMP/SMA di rumah. Bayarannya juga tidak sedikit guys. Bahkan jika kamu merupakan mahasiswa dari universitas terkenal di Indonesia bisa mencapai Rp 100.000/jam lho!

4. MC

Hasil gambar untuk menjadi mc

Bisnis tanpa modal yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Kalau kamu terkenal cerewet dan enggak demam panggung jangan takut untuk menjadi MC. Pekerjaannya juga cukup mudah hanya membaca urutan kegiatan. bisa kamu selingni dengan lelucon tetapi kamu juga harus bisa membedakan mana kegiatan formal dan non formal.

Usaha jasa yang satu ini memiliki bayaran yang cukup mahal lho, satu jam nge-MC kamu bisa dibayar Rp500 ribu hingga Rp 1 juta. Jadi enggak ada salahnya untuk memanfaatkan keahlianmu bicara di depan umum untuk bisnis.

5. Jadi Admin Media Sosial

Hasil gambar untuk admin medsos

Jangan lupa sama perkembangan sosial media yang bisa kamu manfaatkan. Kamu pasti sering menghabiskan waktu untuk melihat sosial media. Pernah enggak kepikiran untuk menjadi adminnya? Saat ini banyak lho yang membutuhkan jasa admin sosial media untuk akun toko online. Daripada kita menghabiskan waktu sia-sia bermedsos ria, mulai sekarang coba untuk mencari peluang usaha ini.

Demikian penjelasan mengenai 5 peluang bisnis yang tidak perlu modal besar untuk pelajar atau mahasiswa. Kamu juga bisa mendapatkan info tentang loker di website https://cariloker.id/

Penulis

foto Hareza
Hareza
NothingSpecial

Share

Komentar

Komentar